Kelotok di Desa Talingke Gratis Angkut Bantuan Banjir

canalberita.com — Bantuan banjir dari berbagai pihak baik pemerintah maupun organisasi masyarakat dan relawan terus mengalir ke kabupaten Katingan. Seperti diketahui banjir mulai bergeser ke arah selatan yakni Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang.

Dua kecamatan ini menjadi tumpukan air setelah banjir yang melanda di wilayah Hulu Katingan.

Transportasi untuk menjangkau masyarakat terdampak banjir menjadi kendala paling utama, sehingga distribusi logistik sulit disalurkan.

Menyadari kelemahan itu Desa Talingke yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan membuka layanan gratis perahu atau kelotok untuk digunakan para dermawan untuk mendistribusikan logistik.

“Warga desa Talingke berterima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah dan dermawan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang sekarang terhenti semua aktifitasnya akibat banjir, Kami juga menyediakan layanan gratis kelotok untuk pendistribusiannya,” ujar kepala Desa Talingke Imung H Manaf.

Dia juga menyampaikan sebanyak 204 rumah warga Talingke terendam air setinggi pinggang orang dewasa.

“Aktivitas masyarakat lumpuh total. Ada 687 jiwa di desa kami dan saat ini kekurangan bahan kebutuhan pokok,” sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Talingke Resto Sumantri, meski banjir telah masuk rumah dengan kedalaman 1,5 meter, tapi Tabah masyarakat memilih bertahan. Hal ini disebabkan, desa Talingke berada pada dataran rendah, sehingga tidak ada tempat mengungsi.

“Masyarakat bertahan dengan mendirikan panggung kayu, Banjir kali ini yang paling besar, prediksi air bisa bertahan 2 Minggu, kami juga mengucapkan terima kasih atas bantu semua pihak,” imbuhnya.

Untuk diketahui untuk bisa menuju desa Talingke dibutuhkan waktu 45 Menit dari Kota Kasongan.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari Posko Banjir desa Talingke menuju dalam desa yang terendam banjir sekitar 5 KM memakan waktu 15 Menit.

Terpisah salah satu relawan warga cempaka Buang H Hariani saat menyerahkan bantuan nasi bungkus sebanyak 300 bungkus mengapresiasi sikap pemerintah desa yang menyiapkan layanan kelotok gratis.

“Alhamdulillah respon warga Talingke sangat baik, kelotok gratis ini sangat baik memudahkan Pendistribusian ke masyarakat. Semoga bisa juga ditiru oleh desa-desa lain,” tutupnya

 

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.