Terima Kasih….4 Desa di Kabupaten Gunung Mas Sudah Dialiri Listrik

canalberita.com — Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, menegaskan akan selalu mendukung progres pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayahnya. Penegasan ini disampaikan Bupati saat peresmian operasional listrik di empat desa.

Empat desa yang mulai menikmati aliran listrik jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN) selama 24 jam sehari itu adalah Desa Bereng Jun, Desa Fajar Harapan, Desa Bangun Sari dan Desa Fajar

“Terima kasih kepada PLN dan stakeholder terkait yang sudah membangun infrastruktur kelistrikan sehingga desa kami kini dapat menikmati listrik. Kami akan mendukung sepenuhnya untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan lain di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” katanya.

Tahapan Pilkada 2024

Dia pun pun mengimbau warga setempat turut mendukung PLN dalam menjaga keandalan listrik dengan mengizinkan dan merelakan pohonnya yang mendekati jaringan dilakukan pemangkasan atau penebangan.

Pada peresmian Listrik Desa itu turut hadir Kapolres Gunung Mas, Perwira Penghubung 1016 Palangka Raya, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya, Manager PLN Unit Pembangunan Proyek Kelistrikan (UP2K) Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Manager PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangkaraya, Erwin Gunawan, mengimbau warga desa agar membantu PLN dalam menjaga kehandalan listrik dengan memberikan izin kepada PLN untuk melakukan penebangan pohon di sekitar jaringan.

“Pekerjaan selanjutnya adalah bagaimana menjaga keandalan listrik supaya masayarakat dapat menikmati listrik secara nyaman,” kata Erwin kepada Antara di Palangka Raya, Rabu 25 Agustus 2021.

Diterangkan, bahwa Desa Bereng Jun Berjarak sendiri 117 Kilometer dari Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya dan masuk di wilayah Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas.

Guna menyalurkan listrik ke empat desa tersebut, PLN telah membangun perluasan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 53,85 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 59,42 kms.

Selain itu juga memasang Gardu Distribusi sebanyak 19 unit dengan kapasitas 940 kilovolt ampere (kVA) dengan total nilai investasi sebesar Rp18,6 Miliar.

Infrastruktur kelistrikan tersebut dibangun sejak bulan Mei 2021 dan puncaknya tanggal 24 Agustus 2021 akhirnya listrik pada empat desa tersebut dapat dinikmati seluruh warga masyarakat setempat.

“Hadirnya listrik itu kami harapkan membawa perubahan yang besar bagi kehidupan manusia, tak terkecuali yang nanti akan dirasakan oleh warga Desa Bereng Jun, Desa Fajar Harapan, Desa Bangun Sari dan Belawan Mulya,” katanya.

 

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.