‘Ahlan Wasahlan Pak Kapolda’

canalberita.com — Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, dan Ketua DPRA, Dahlan Djamaluddin, menyampaikan atas pelantikan Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, sebagai Kapolda Aceh oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa (10/8/2021). Dahlan juga mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil yang sudah menjabat sebagai Kapolda Aceh kurang sekitar dua tahun dan telah membangun hubungan yang cukup baik dengan lintas stakeholder di Aceh.

“Selamat datang Pak Kapolda yang baru, ahlan wa sahlan. Masyarakat Aceh sangat terbuka dan cukup welcome dengan siapa pun. Kita berharap Pak Kapolda bersama-sama kita ke depan bergandengan tangan dalam menjaga Aceh,” kata Dahlan kepada Serambi, Rabu (11/8/2021).

Menurut Ketua DPRA, di antara yang harus benar-benar dikawal oleh Kapolda Aceh ke depan adalah kondusifitas Aceh. Selama ini, katanya, kondisi kamtibmas Aceh di bawah kepemimpinan Irjen Pol Wahyu Widada, cukup baik. “Kondusifitas yang sudah berjalan dengan baik ini hendaknya dapat dipertahankan. Kita yakin, Pak Kapolda yang baru juga punya semangat yang sama dalam menjaga ini semua. Sekali lagi, selamat datang dan ahlan wasahlan Pak Kapolda,” ulang Dahlan Jamaluddin.

Selain soal kamtibmas, lanjut Dahlan, penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Polda Aceh selama ini juga sangat baik dan sigap. Karena sekarang masih dalam masa pandemi, ia berharap Kapolda Aceh yang baru bisa meneruskan hal tersebut. “Kita akan tetap bersama-sama seperti selama ini tentunya,” ujar Dahlan.

Dahlan juga berharap agar kepemimpinan Irjen Pol Wahyu Widada bisa dilanjutkan oleh Irjen Pol Ahmad Haydar. Menurutnya, hampir dua tahun, Irjen Pol Wahyu Widada bertugas sebagai Kapolda Aceh bisa membangun hubungan  yang cukup baik dengan lintas stakeholder dan jajaran kepolisian di Aceh serta sangat humanis.

“Alhamdulillah, selama ini di bawah kepemimpinan Pak Wahyu Widada tidak ada dinamika yang aneh-aneh di Aceh, semuanya berjalan dengan baik. Semoga kepemimpinan Pak Wahyu ini bisa dilanjutkan dan bahkan lebih baik lagi ke depan. Terima kasih juga kepada Pak Wahyu Widada atas kerja sama selama ini, yang sudah menjaga kamtibmas dan kecepatan dalam penanganan Covid-19 di Aceh,” pungkas Ketua DPRA.

Ucapan selamat dan sukses atas pelatikan Irjen Pol Ahmad Haydar sebagai Kapolda Aceh juga disampaikan Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT. Ucapan itu disampaikan Nova melalui akun Twitternya @niriansyah pada Selasa (10/8/2021) pukul 21.13 WIB. “Pemerintah Aceh mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Haydar SH MM sebagai Kepala Kepolisian Daerah Aceh,” tulis Nova.

“Semoga amanah dalam menjalankan tugas serta selalu diberikan petunjuk dan perlindungan oleh Allah SWT,” lanjut Gubernur yang turut mengunggah foto Irjen Pol Ahmad Haydar dan postingan tersebut, seperti disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto SSTP MM, kepada Serambi, tadi malam.

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melantik Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, sebagai Kapolda Aceh di Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa (10/8/2021). Dengan pelatikan dan serah terima jabatan (sertijab) yang menerapkan protokol kesehatan (protkes) itu. Maka Irjen Pol Ahmad Haydar resmi menjabat sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil, yang menjabat hampir dua tahun.

Selain Kapolda Aceh, dalam pelantikan dua hari lalu itu, Kapolri juga melantik sejumlah perwira tinggi (pati) kepolisian lainnya. Seperti, Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil menjadi As SDM Kapolri dan Irjen Slamet Uliandi sebagai Kadiv TIK. Kapolri juga melantik sejumlah perwira yang naik pangkat setingkat lebih tinggi atau Korps Raport. Di antaranya, enam Brigjen yang naik pangkat menjadi Irjen dan 20 Kombes menjadi Brigjen.

Dalam amanatnya, Sigit meminta kepada seluruh pati yang dilantik untuk fokus mendukung seluruh kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19. “Kepada pejabat baru dan sudah dilantik, kita semua sedang menghadapi situasi sulit. Pemerintah bekerja keras untuk menanggulangi Covid-19. Saya minta fokus melakukan langkah-langkah untuk mendukung Pemerintah,” pinta jenderal bintang empat itu.

Eks Kapolda Banten itu menekankan, seluruh jajaran kepolisian harus berinovasi dan menyiapkan langkah-langkah penanganan dan pengendalian Covid-19 sekaligus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Oleh karena itu, laksanakan secara maksimal, sungguh-sungguh, dan sekaligus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Saya yakin rekan-rekan mampu. Berikan yang terbaik untuk institusi. Bagi rekan-rekan yang mendapat kenaikan pangkat tentunya membawa implikasi beban tugas semakin berat,” ujar mantan Kabareskrim Polri, ini.

Lebih jauh Sigit berharap, seluruh jajaran kepolisian harus melakukan yang terbaik dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat sebagaimana semangat dari Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). “Lakukan yang terbaik untuk institusi tercinta ini, berikan pelayanan kepada masyarakat dengan Polri Presisi, sehingga dipercaya dan sesuai dengan harapan masyarakat,” ucap Sigit.

Kapolri juga menegaskan, untuk para Kapolda agar memahami situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) yang menjadi karakteristik wilayah masing-masing serta dampak-dampak yang bisa ditimbulkan. “Harapannya, masyarakat menjadi aman. Laksanakan tugas dengan baik,” harap Sigit.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM dijadwalkan tiba di Aceh pada Jumat (12/8/2021) besok. Polda Aceh akan menggelar acara pisah sambut di Mapolda Aceh untuk internal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 

(Sumber: Serambi News)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.