Bupati Aceh Barat Terima Kunjungan Pansus DPRA di Meulaboh

canalberita.com — Bupati Aceh Barat Ramli MS menerima kunjungan kerja Tim Panitia Khusus (Pansus) Daerah Pemilihan (DP) X DPRA, yang diketuai oleh Fuadri, dalam rangka evaluasi terhadap Kegiatan Dana Otsus Aceh Tahun 2020 dan Dana Transfer dari Provinsi serta Dana Refocusing Covid-19 yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Rabu (11/8/2021) di Meulaboh.

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa kemajuan Aceh Barat dapat tercapai apabila adanya sinergitas yang baik antara pemerintah Kabupaten dengan Provinsi dan didukung oleh DPRA sebagai badan legislatif dalam mengelola dana otonomi khusus (otsus) yang jumlahnya cukup besar.

“Harus ada kekompakan jika ingin melakukan percepatan pembangunan di Aceh Barat ini. Pembangunan suatu daerah tidak bisa hanya dilakukan sendiri saja, namun butuh dukungan dari pihak lain yakni dari Provinsi dan DPRA,” ujarnya.

Tahapan Pilkada 2024

Ia menambahkan, dengan adanya sinergitas tersebut diharapkan serapan anggaran otsus yang tersedia bisa dimaksimalkan sehingga tidak terdapat Silpa di tahun sebelumnya.

Padahal sisa anggaran yang tidak terserap tersebut bisa dipergunakan untuk pembangunan Kabupaten/kota apabila pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten/kota.

Disebutkan, bahwa penyelesaian pembangunan irigasi Lhok Guci di Aceh Barat sangat penting untuk dituntaskan. Menurutnya, irigasi yang sumber pendanaannya dari APBN tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

“Walau Aceh Barat telah mencapai surplus beras setiap tahunnya, namun apabila tidak didukung dengan irigasi yang baik maka surplus tersebut hanya akan bersifat temporer,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta dukungan kepada DPRA untuk dapat menyelesaikan pengaspalan jalan ringroad yang belum teraspal sepanjang 7 km lagi.

Ia mengatakan jalan ringroad di Aceh Barat ini sangat bermanfaat untuk memajukan serta membangkitkan ekonomi masyarakat yang berada di pelosok desa.

Ia berharap, kegiatan pembangunan yang tertunda di tahun 2020 lalu dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid 19 dapat dilanjutkan kembali.

Menurutnya, program pembangunan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna menunjang kemajuan di Aceh Barat.

Sementara itu, Ketua tim Pansus Daerah pemilihan X DPRA tahun 2021, Fuadri mengatakan, bahwa pertemuan ini merupakan kunjungan kerja anggota DPRA dapil X tahun 2021 dalam rangka melaksanakan tugas legislatif yakni melakukan peninjauan lapangan ke dapil masing-masing guna melakukan pengawasan terkait dengan kegiatan dana otsus tahun 2020.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap dana transfer dari Pemerintah Aceh serta dana refocusing Covid 19 di setiap wilayah Dapil X yakni di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan raya, dan Simeulue.

Lebih lanjut, Fuadri mengatakan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk mendengar paparan dari Pemerintah Aceh Barat terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2020 lalu sekaligus berdiskusi tentang kegiatan prioritas yang akan didukung oleh Provinsi.

Fuadri juga mengapresiasi program Bupati Aceh Barat dalam penanganan Covid 19, salah satunya pemberian dana bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 di daerah tersebut.

 

(Sumber: Serambi News)