Rujana Anggraini: Waspadai Aksi Penipuan Penipuan Online!

MUARA TEWEH,CanalBerita-Anggota DPRD Barito Utara Hj Rujana Anggraini  mengajak masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk selalu mewaspadai aksi penipuan online yang masih marak terjadi di tengah masyarakat.

“Banyak modus penipuan online sekarang ini, seperti melalui pesan WhatsApp yang dimanfaatkan penjahat untuk mengirim file dalam format aplikasi. Bahkan ada yang melalui undangan pernikahan atau kurir paket, dan lain sebagainya,” ungkap Rujana Anggraini, belum lama ini.

Dirinya prihatin  atas maraknya modus penipuan yang semakin kreatif. Dia mencontohkan,  penipuan melalui pesan singkat SMS, WhatsApp, email, telepon dari orang tak dikenal sering meminta kode One Time Password (OTP) untuk transaksi aplikasi keuangan online.

“Penipuan konsumen bukan lagi menjadi hal baru di kalangan masyarakat. Bentuknya dari yang kecil sampai besar, hal tersebut sering dijumpai melalui kemajuan teknologi saat ini, maka berbagai modus dan pola penipuan tidak terelakkan lagi. Jadi semakin seringnya terjadi penipuan online, maka sudah seharusnya masyarakat lebih hati-hati dan waspada,” tegas Rujana.

Selain itu, Rujana Anggraini menekankan bahwa perlu peningkatan kesadaran dan kehati-hatian masyarakat dalam bertransaksi online. Dia mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing dan memberikan informasi pribadi atau kode rahasia kepada pihak yang tidak dikenal.

“Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan, tidak memberikan data pribadi atau informasi keuangan secara sembarangan. Jika ada tanda-tanda mencurigakan, segera laporkan ke pihak berwajib,” pungkasnya.

Rujana Anggraini, yang berencana maju kembali di daerah pemilihan Batara III pada Pemilu 2024, berharap agar masyarakat dapat lebih cerdas dan waspada dalam menghadapi berbagai modus penipuan online yang dapat merugikan banyak pihak.

Advertorial