Muncul Sejumlah Nama Calon Kuat Gubernur Kalteng, Perdie M Yoseph Dampingi Abdul Razak Hadir di Natal Partai Golkar

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Setelah Pilpres  dan Pileg  2024 digelar secara serentak, di tahun yang sama bangsa Indonesia kembali akan menggelar pesta demokrasi memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah secara serentak atau Pilkada Serentak 2024.

Di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar Pilkada serentak di 14 kabupaten/kota dan satu provinsi untuk memilih pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati dan Calon Gubernur-Wakil Gubernur tahun 2024.

Untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng ada sejumlah nama mulai di gadang-gadangkan yang akan maju di Pilgub 2024. Para calon pemimpin di “Bumi Tambun Bungai” itu ada yang sudah terang-terangan menyatakan kesiapan pasti maju, namun aja juga yang masih malu-malu nyatakan kesiapannya.

Tokoh politik yang sudah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon Gubernur ada nama Nadalsyah. Mantan Bupati Barito Utara dua periode yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Kalteng itu jauh-jauh hari sudah menyatakan kesiapannya.

Dari PDI Perjuangan Kalteng ada empat nama yang berpeluang maju di Pilgub nanti. Meskipun demikian hingga hari ini, keempatnya belum bisa memastikan akan mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Namun semuanya menyatakan siap, jika ditugaskan partai.

Keempat nama Politisi PDI Perjuangan yang berpeluang maju di Pilgub Kalteng itu, yakni ada nama Agustiar Sabran yang sekarang ini menjabat Anggota DPR RI. Selain itu ada nama mantan Bupati Kotawaringin Timur dua periode, Sopian Hadi (SHD).

Berikutnya ada nama Willy M Yoseph, mantan Bupati Murung Raya dua periode yang saat ini menjabat Anggota DPR RI dan ada nama Sigit K Yunianto yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kota Palangka Raya, juga menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng.

Dari Partai Golkar yang sudah menyatakan kesiapannya maju, bahkan satu-satunya kader pohon beringin yang diusung sebagai Calon Gubenur Kalteng tersebut adalah Abdul Razak yang saat ini menjabat Wakil Ketua I DPRD Kalteng yang juga  mantan Ketua DPD Partai Golkar Kalteng.

Mantan Bupati Kotawaringin Barat yang syarat dengan pengalaman politiknya ini disebut-sebutkan bakal berpasangan dengan Perdie Midel Yoseph, mantan Bupati Murung Raya dua periode yang kini maju sebagai calon anggota DPD RI asal pemilihan Provinsi Kalteng.

Sinyal kuat Abdul Razak-Perdie M Yoseph maju sebagai pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalteng itu terlihat dari kehadiran sosok adik kandung Willy M. Yoseph tersebut hadir di Perayaan Natal Partai Golkar Kalteng yang berlangsung di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, pada Senin, 4 Desember 2023 malam.

Saat hadir di Natal Partai Golkar Kalteng tersebut, tampak posisi Perdie M Yoseph duduk sejajar di kursi baris paling depan samping kiri Abdul Razak. Seperti diketahui, Abdul Razak sudah mengantungi surat rekomendasi sebagai Calon Gubernur Kalteng 2024 dari DPP Partai Golkar.

Bakal Calon Gubenur Kalteng dari Partai Golkar Abdul Razak duduk berdampingan dengan Perdie M. Yoseph saat menghadiri Natal Keluarga Besar Partai Golkar yang berlangsung di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, pada Senin, 4 Desember 2023 malam. (Foto: Ist)

Saat ditanya awak media mengenai kepastian apakah kehadiran Perdie di Peraayaan Natal sebagai bakal calon pasangannya. Abdul Razak tidak menjawab dengan gamblang, dia mengatakan akan melihat peluang yang ada. Namun dia memastikan, bahwa dirinya sudah pasti maju sebagai calon Gubernur Kalteng.

“Kalau masalah pasangan yang jelas saya harus maju dulu. Untuk peluang 2024, partai secara delegasi, saya satu-satunya diberi tugas sebagai bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah,” jawabnya. saat ditemui awak media di sela-sela Perayaan Natal Partai Golkar.

Lebih lanjut Abdul Razak menjelaskan, bahwa dirinya telah mendapatkan persetujuan dari DPP Partai Golkar dan menjadi kandidat tunggal yang maju sebagai Calon Gubenur Kalimantan Tengah dari Partai Golkar Kalimantan Tengah.

Dan dirinya juga diberi mandat untuk memenangkan Pemilihan Legislatif yang dilaksanakan bersamaan dengan Pilpres 2024. “Ya kalau peluangnya, pasti ada pasangannya lah,” tukas Abdul razak.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara