Ganjar soal Format Beda Debat Cawapres: Mau Ada atau Tidak, Saya Siap

JAKARTA,CanalBerita-Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons terkait tak adanya debat khusus cawapres di Pilpres 2024. Ganjar mengaku siap dengan segala skenario apapun.

Hal itu disampaikan Ganjar usai bertemu dengan anak-anak milenial dan generasi Z di Restoran Dapoer Sasak, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (2/12). Ganjar menyebut tak ada masalah meski debat cawapres tak digelar khusus.

“Kalau saya sih mau ada atau tidak ada siap untuk skenario apapun,” ucap Ganjar dalam keterangannya, Minggu (3/12/2023).

KPU sebelumnya menyatakan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden harus hadir di setiap sesi debat. Namun, KPU akan membedakan proporsi bicara dari capres dan cawapres.

“Lima kali debat ini kan calon presiden dan wakil presiden. Ada tiga kali debat capres, dan ada dua kali debat cawapres,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan, Kamis (1/12).

“Pada dasarnya dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja proporsinya, bicara, itu yang berbeda,” sambungnya.

Hasyim menjelaskan pada saat debat capres, maka proporsi bicara capres akan lebih banyak. Begitu pun, kata dia, saat debat cawapres, maka proporsi bicara cawapres lebih banyak.

“Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya maka untuk cawapres lebih banyak,” jelasnya.

Sumber: detik.com