Sebagai Penyangga IKN, DPRD Seruyan Minta Pemkab Memaksimalkan  Peningkatan Sektor Pangan dan Pariwisata 

KUALA PEMBUANG,CanalBerita – Pemerintah pusat telah menetapkan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Pada bulan Agustus 2024 nanti, Presiden Jokowi telah mengagendakan akan merayakan HUT RI ke-79 tahun 2024 secara nasional di IKN Nusantara.

Dengan telah ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai IKN Nusantara, Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo berharap  bisa berdampak positif bagi Kabupaten Seruyan sebagai daerah penyangga.

“Kabupaten Seruyan ini  juga bagian dari wilayah Kalimantan, sehingga diharapkan sektor-sektor yang potensial di Bumi Gawi Hatantiring juga perlu dimaksimalkan,” kata Politisi PDI Perjuangan yang akrap di sapa Eko ini pada Selasa 21 November 2023.

Lebih lanjut Eko mengatakan,  sektor pangan dan juga sektor pariwisata sejak sekarang bisa di maksimalkan oleh pemerintah daerah untuk menyongsong IKN nantinya.

“Untuk menjadi penyangga dalam hal ini kita Kabupaten Seruyan punya sektor pangan dan pariwisata. Berbicara sektor pariwisata kita punya banyak distinasi wisata sehingga juga perlu dimaksimalkan,” ucapnya.

Eko mengatakan, ketika nantinya ada IKN di Kalimantan Timur tentunya jumlah populasi juga akan secara otomatis bertambah. Maka dari itu dampak positif yang ada Kabupaten Seruyan juga perlu mengambil itu.

“Jadi intinya dalam hal ini dengan rencana Ibu Kota Negara ini juga harus kita memanfaatkan situasi, makanya harus kita siapkan mulai dari sekarang,” pungkas politisi PDI-Perjuangan itu.

Advertorial
Editor: alfrid u gara