Koalisi Partai Pengusung Ganjar-Mahfud Daftar ke-KPU Hari Pertama Besok

JAKARTA,CanalBerita-Masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 dibuka Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada 19-25 Oktober 2023. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen administratif pada 19-28 Oktober 2023.

Selanjutnya, KPU menetapkan dan mengumumkan  pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 13 November 2023. Sementara penetapan nomor urut pasangan calon digelar pada 14 November 2023.

Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy mengatakan, koalisi partai politik pengusung akan mendaftarkan pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md ke KPU pada hari pertama pembukaan  pada Kamis, 19 Oktober 2023.

“Rencananya demikian (mendaftarkan pasangan capres-cawapres). Tapi detail dan pastinya nanti disampaikan setelah pengumuman pagi ini oleh para ketua umum,” kata Romahurmuziy dikutip dari antaranews.com, Rabu, 18 Oktober 2023.

Sebelumnya, Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik  menyatakan telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran pasangan Capres dan Cawapres dari koalisi PDIP-PPP-Partai Hanura-Perindo.

“Tanggal 19 Oktober hari Kamis jam 11.00 WIB, koalisi partai politik PDIP, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo akan mendaftarkan bakal pasangan calon Presiden dan Wakil Presidennya ke kantor KPU,” jelanya.

penulis: cnb
editor: alfrid u gara