Gagal Berlabuh, Tongkang Muatan Kayu Log Larut dan Tabrak Pemukiman Warga Pagatan

KASONGAN,CanalBerita-Sejumlah dapur rumah di bantaran Sungai Katingan Kabupaten Katingan rata dengan dengan permukaan air setelah dihantam tongkang sarat muatan kayu log, pada Selasa,  29 Agustus 2023 sekitar pukul 02.30 WIB.

Camat Katingan Kuala Hariyadi Utomo menceritakan berdasarkan  laporan yang dia terima dari  pihak Pos Komando PolAIRUD perwakilan Pegatan bahwa tongkang bermuatan kayu log tersebut gagal berlabuh karena cuaca buruk dan arus sungai kuat yang disertai angin kencang.

“Saat kejadian posisi tongkang bermuatan kayu tersebut tambat/labuh jangkar di tengah Sungai Katingan, namun kemudian arus sungai deras dan terjadi angin kencang sehingga tongkang larut hingga menabrak permukiman warga,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun akibat tongkang yang larut tersebut menyebabkan sedikitnya lima rumah di RT  06 dan RT 07 Kelurahan Pegatan Hulu, Kecamatan Katingan Kuala rusak total dan kerugian diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 600 juta.

Adapun pemilik rumah yang terdampak akibat togkang larut tersebut, yakni milik Iting mengalami kerusakan dapur rumahnya, kemudian rumah H Indi hancur total. Lainnya rumah dan kelotok (perahu bermesin) milik H Amian,  Ono Hamim, H Angking,  H Andrian dan Ikip yang juga rusak parah.

Pihak kecamatan sejuah ini terus melakukan koordinasi dengan Polsek Katingan Kuala, Satpolairud Res Katingan, Pos TNI AL Pegatan dan Syahbandar Katingan Kuala.

 

penulis: cnb
editor: alfrid u gara