Pemko Palangka Raya Percepat Digitalisasi Layanan Publik

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Guna mempercepat digitalisasi dalam pelayanan publik, hal sudah dilakukan melalui pelayanan di dinas-dinas maupun urusan di kantor kelurahan dan kecamatan.

Menurut Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin digitalisasi layanan publik merupakan kewajiban pemerintah daerah, oleh karenanya dia mendorong dinas-dinas  berinovasi guna mempermudah lanayan publik.

“Saya selalu mendorong dinas-dinas agar berinovasi guna mempermudah layanan publik. Salah satu caranya kita mempercepat atau kita kebut transformasi itu,” tukas, Fairid Naparin pada  Senin, 13 Maret 2023.

Dia menjelaskan,  pandemi virus corona telah mengajarkan banyak hal. Salah satunya, soal pemanfaatan teknologi digital untuk mempermudah aksesibilitas dan komunikasi.

Sehingga tambahnya, setiap orang  dituntut agar menjadi selalu terhubungkan. Terlebih ketika pandemi baru mulai merebak dan angka kasus harian menanjak, ruang gerak setiap orang dibatasi untuk memutus penyebaran virus.

“Situasi tersebut  nyaris membuat setiap aktivitas dan roda kehidupan masyarakat mengandalkan kemampuan teknologi digital. Mulai dari bekerja, menggelar rapat dan pertemuan, memesan makanan, membeli aneka kebutuhan pokok, dan transaksi keuangan dilakukan secara daring dari gawai,” katanya.

“Pemerintah pun dituntut untuk ikut tanggap dalam menghadirkan pelayanan publik yang makin terintegrasi sesuai kebutuhan masyarakat. Di era masyarakat yang makin melek digital, muncul tuntutan lebih besar lagi terhadap kecepatan pelayanan publik dan menjadi tantangan bagi pemerintah dalam menghadirkan layanan berbasis teknologi digital,” timpalnya.

Editor: alfrid u. gara