Dinsos Kota Palangka Raya Beri Perhatian Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

PALANGKA RAYA,CanalBerita –  Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya memiliki berbagai program bagi penyandang disabilitas yang ada di Kota setempat. Hal tersebut disampaikan saat rapat koordinasi dengan Komisi Disabilitas Nasional (KDN), bertempat di Ruang Rahan Pumpung Hapakat Bappedalitbang Kota Palangka Raya, Senin, 20 Maret 2023.

“Sebagai informasi bahwa penyandang disabilitas di Kota Palangka Raya berjumlah 617 orang, dari jumlah penduduk Kota Palangka Raya.  Kami dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya khususnya telah melakukan beberapa kegiatan untuk dapat memenuhi hak mereka,” papar Nyta Bianyta Rezza.

Lebih lanjut Nyta memaparkan, Pemerintah Kota memberi perhatian serius kepada penyandang disabilitas dengan memberi dukungan pemberdayaan untuk meningkatkan  keterampilan khususnya wirausaha hingga melibatkan penyandang disabilitas dalam Musrenbang tingkat Kota Palangka Raya. Selain itu, Pemerintah Kota juga setiap tahunnya memperingati Hari Disabilitas Internasional.

“Dinas Sosial juga telah menganggarkan dana untuk kebutuhan penyandang disabilitas dalam APBD. Kemudian juga alat bantu, pembinaan fisik, mental dan spiritual dan kemudian juga fasilitasi Adminduk mereka juga sudah kita bantu, akses layanan ke pendidikan dan kesehatan termasuk penelurusan keluarga serta rujukan ke beberapa akses layanan,” bebernya.

Beberapa saat yang lalu kata dia, Dinas Sosial Kota Palangka Raya melakukan kunjungan ke sekolahan dan di beberapa sekolah sudah membuka akses pendidikan yaitu sekolah dasar bukan sekolah khusus, jadi beberapa sekolah Sudah membuka pendidikan inklusif khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas yang memang membutuhkan fasilitas pendidikan yang tidak khusus sebagai penyandang disabilitas.

“Kemudian kami sampaikan juga untuk total yang harus kami layani secara murni itu adalah 135, itu di kesepakatan murni di Dinas Sosial Kota Palangka Raya, di kesepakatan perubahan itu di 2022 kemarin ada 228, jadi layanan sudah kami lakukan secara menyeluruh untuk para penyandang gangguan khusunya yang ada di Dinas Sosial,” pungkasnya.

 

Editor: Alfrid U. Gara