Wamentan RI Panen Perdana Cabai di Kabupaten Sukamara

SUKAMARA,CanalBerita –Kementrian Pertanian terus mendorong ketersedian cabai agar seluruh wilayah mampu memunihi kebutuhannya. Salah satunya di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah kini mulai mengembangkan tanaman cabai dengan memanfaatkan lahan tidur.

Panen perdana cabai yang dilaksanakan di Lahan Lapas Kelas III Sukamara ini dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Pertanian atau Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi yang merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi ketersediaan pasar akan cabai menjelang bulan suci Ramadan.

“Pastinya panen kali ini juga untuk kesiapan ketersediaan pangan, bukan hanya jelang Ramadan, Idul Fitri, juga hari-hari besar di Indonesia ini pasti ada kecenderungan untuk kenaikan harga,” jelas Harvick Hasnul Qolbi, Senin 27 Februari 2023.

Lebih lanjut Harvick Hasnul Qolbi menjelaskan, dimomen perayaan hari-hari besar keagamaan harga cabai cenderung naik. namun  Kementerian Pertanian bersinergi dengan Kementerian Perdagangan dan Bappenas tetap menjaga agar daya beli masyarakat bisa mengingbangi kenaikan harga.  

“Walaupun masyarakat petani, peladang dn pekebun berbahagia dengan adanya peningkatan harga jual, namun tetap harus tetap terjaga agar daya beli masyarakat bisa memenuhi kenaikan harga tersebut,” jelas Wamentan RI.

Lebih lanjut Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi juga mengapresiasi kegiatan kultivasi dan pembudidaya cabai di Lapas Sukamara karena turut serta dalam menekan inflasi di Kabupaten Sukamara.

“Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi kita semua dimana kita tahu bahwa cabai ini sangat menekan inflasi di Sukamara. Selain itu juga dengan adanya panen cabai ini dapat menekan harga pangan yang biasanya cenderung naik menjelang bulan ramadhan seperti sekarang ini,” ucapnya.

Dalam kunjungan kerja yang kedua kalinya ke Kabupaten Sukamara, Wamentan RI sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Sukamara dan Lapas Kelas III Sukamara yang bisa berkolaborasi dalam upaya ketahanan pengembangan pangan untuk menuju kedaulatan pangan nasional.

Sebelumnya, dalam kunjungan pertama Wamentan RI ke Sukamara melakukan pembekalan jagung dilahan milik masyarakat yang dikelola bersama pihak Lapas Sukamara seluas 10 hektar.

Penulis: bs/cnb
Editor: alfrid u. gara