Minim Anggaran Pembangunan Infrastruktur Kota Palangka Lambat, Dudie  Dorong Pemkot Aktif Cari Anggaran dari Pemerintah Pusat

PALANGKA RAYA,CanalBerita -Wakil Ketua I Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Dudie B. Sidau menilai, pembangunan infrastrutur di Kota Palangka Raya terkesan lambat. Namun demikian,dia  memaklumi karena keterbatasan anggaran daerah.

Oleh karenanya dia menyarankan kepada Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota berupaya aktif mencari dana ke Pemerintah Pusat.

“Disini diperlukan kejelian instansi terkait dalam rangka mencari dana dari pusat yang bisa dibawa ke daerah untuk digunakan dalam pembangunan infrastruktur di Kota Palangka Raya, seperti peningkatan jalan dan drainase,” kata Dudie, Rabu 8 Februari 2023.

Selama ini, kata Dudie, karena keterbatasan anggaran tersebutlah maka Kepala Daerah setempat terpaksa harus membagi usulan- usulan masyarakat yang disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang ditampung baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan di daerah setempat.

Politisi partai Hanura tersebut juga menyampaikan karena terbatasnya anggaran yang bisa dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur, inilah yang menyebabkan Pemkot harus menyelesaikan pembangunan di Kota Palangka Raya dengan cara dicicil setiap tahunnya dan mendahulukan yang menjadi usulan prioritas.

“Kami menilai langkah yang dilakukan Kepala Daerah setempat sudah cukup baik dalam meningkatkan perkembangan infrastruktur dalam beberapa tahun ini meskipun sempat terhalang kondisi Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, bukti nyata dapat terlihat dari adanya sejumlah jalan dan drainase di beberapa kecamatan dan kelurahan di Kota Palangka Raya, yang sudah dilakukan perbaikan atau peningkatan sesuai usulan masyarakat di wilayah bersangkutan.

Sementara itu, Dudie juga mengimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya yang usulan di wilayahnya belum terakomodir, agar bisa bersabar. Sebagai legislatif dan wakil rakyat, pihaknya akan terus berusaha memperjuangkan usulan-usulan masyarakat, baik melalui pokok-pokok pikiran rakyat atau program dari pihak eksekutif.

“Tentu kita semua ingin infrastruktur dan pembangunan di Kota Palangka Raya berjalan lancar, namun karena keterbatasan anggaran, usulan masyarakat akan dipenuhi satu demi satu, dan diakomodir pada tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya.

Penulis: RedCNB
Editor: Alfrid U. Gara