Tekan Inflasi, Pemprov Kalteng Bersama Bulog Gelar Operasi Pasar Murah

PALANGKA RAYA, CanalBerita – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan  Bulog Wilayah Kalteng menggelar operasi pasar murah.

Pelaksanaan kegiatan pasar murah diadakan di depan kantor Kelurahan Kereng Bangkirai, dengan tetap mengedepankan protokol Covid 19, pada Rabu  25 Januari 2023.

Kegiatan Pasar Murah Tahun 2023 dihadiri oleh, Lurah Kereng Bangkirai Fitriyaturrahman, Beberapa jajarannya, Perwakilan Bulog serta perwakilan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Lurah menjelaskan,   operasi pasar murah dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng bekerja sama dengan Bulog Wilayah Kalteng .

“Operasi pasar ini diharapkan dapat membantu warga ekonomi menengah ke bawah, juga mendapat bahan pangan kualitasnya bagus murah dan terjangkau,” urah Kereng Bangkirai Fitriyaturrahman.

Lebih lanjut dia  ia menjelaskan, operasi pasar  murah ini untuk menekan inflasi di Kota Palangka Raya, kereng Bangkirai khususnya, karena harga yang cukup terjangkau.

Sementara salah satu pembeli, Rumiyah yang  sudah mengantri sejak pukul 6 pagi mengatakan, meskipun 1 orang mendapatkan jatah 2 karung beras ukuran 5 Kg, ia merasa puas dan terbantu.

“Kami sangat puas dan terbantu, beras Merk siam dan pangkoh kualitas bagus dan di jual murah, dibanding di pasar maupun toko klontongan sangat beda,” ucapnya kepada CanalBerita.

“Beras merek ini  biasanya Rp 57-60 ribu per 5 kilogram. Disini dengan kualitas yang sama hanya Rp 48 ribu per 5 kilogram,” timpalnya.

Adapun teknis pelaksanaan pasar murah dari Bulog tahun ini pendistribusian sembako Beras dengan cara dibentuk paket sembako berupa beras 5 Kg merk siam dan pangkoh.

Sebanyak 1.400 karung telah dibagikan ke masyarakat Kereng Bangkirai dengan harga tebus per paket Rp. 48.000,- harga tersebut lebih murah 30% – 35% di bandingan dengan harga di pasaran.

 

Penulis: Jumarta Wijaya Jangkang
Editor : Alfrid U. Gara