Selamat! Sadio Mane Raih Gelar Pemain Terbaik Afrika 2022

Sadio Mane resmi mendapatkan gelar Pemain Terbaik Afrika 2022 pada hari Kamis (22/7/2022) waktu setempat. Bagi Sadio Mane, ini adalah gelar Pemain Terbaik Afrika kedua yang diraih dalam karier sepakbolanya.

Sadio Mane bermain sangat bagus pada musim 2021/2022, baik pada level klub maupun bersama Timnas Senegal. Pada level klub, dia sangat konsisten dan membuat Liverpool bersaing di top level sepak bola Eropa.

Bersama Timnas Senegal, Sadio Mane mampu mewujudkan target utama negaranya yakni lolos ke Piala Dunia 2022. Pada babak akhirnya kualifikasi, Mane membawa Senegal menang atas Mesir yang diperkuat Mohamed Salah.

Sadio Mane sebelumnya juga meraih gelar Pemain Terbaik Afrika 2021. Pada tahun itu, penyerang 30 tahun sukses membawa Senegal menjadi juara Piala Afrika 2021.

Terpilihnya Sadio Mane sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022 sejatinya tidak lagi mengejutkan. Sebab, sepanjang musim lalu, performa eks pemain Liverpool memang sangat bagus. Mane dianggap sangat layak meraih gelar tersebut.

Sadio Mane unggul dari Mohamed Salah, koleganya ketiga bermain di Liverpool. Salah harus puas berada di posisi kedua. Sedangkan, posisi ketiga Pemain Terbaik Afrika 2022 disandang oleh kiper Timnas Senegal yakni Edouard Mendy.

“Selamat kepada Sadio Mane karena sekali lagi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika,” kata presiden Bayern Herbert Hainer.

“Mane adalah pemain yang benar-benar luar biasa dan di atas semua itu adalah pribadi yang hebat, yang merupakan duta yang luar biasa untuk tanah airnya Senegal, untuk seluruh sepak bola, serta untuk FC Bayern dan Bundesliga,” tambahnya.

Sadio Mane kini punya dua gelar Pemain Terbaik Afrika. Sadio Mane meraihnya pada 2021 dan 2022. Beberapa legenda sepak bola Afrika juga punya dua gelar Pemain Terbaik Afrika. Salah satunya adalah Didier Drogba.

Drogba meraih gelar Pemain Terbaik Afrika untuk edisi 2006 dan 2009. Saat itu, penampilan Drogba bersama Pantai Gading dan Chelsea memang sedang bagus-bagusnya.

Sementara, pemain dengan koleksi gelar Pemain Terbaik Afrika terbanyak masih dipegang Yaya Toure. Legenda Manchester City itu punya empat gelar yang didapat pada 2011, 2012, 2013, dan 2014. Samuel Eto’o juga punya empat gelar yang diraih pada 2003, 2004, 2005, dan 2010.

(sumber: bola.net)