Para Negara Produsen Minyak Sawit Desak PBB Akui Skim GFP-SPO

JAKARTA, canalberita.com–  Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit atau Council of Palm Oil Producing (CPOPC) mendesak pihak Dewan Sosial dan Ekonomi Perserikatan Bangsa-bangsa atau United Nations Economic and Social Counsil (UN ECOSOC) untuk mengakui prinsip-prinsip kerangka global untuk kelapa sawit berkelanjutan atau global framework of principles for sustainable palm oil (GFP-SPO).

Terlebih GFP-SPO bertujuan menjadi panduan umum untuk berbagai skema sertifikasi yang diterapkan untuk produksi minyak sawit yang mengacu pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia Datuk Zuraida Kamaruddin mengungkapkan, GFP-SPO dapat dipakai menjadi sebuah acuan bersama yang melintasi beragam skema keberlanjutan, terutama yang diterapkan pada produksi minyak sawit, salah satunya bisa mengacu pada UN SDGs sebagai dasarnya.

Kata dia, walaupun dikembangkan melalui lensa minyak sawit untuk mengukur kontribusi minyak sawit dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, GFP-SPO dapat dipakai sebagai referensi keberlanjutan oleh berbagai jenis minyak nabati seperti kedelai, kanola, bunga matahari, dan yang lainnya.

“CPOPC berharap kerangka GFP-SPO dapat secara global dipertimbangkan sebagai pondasi pembentukan keberlanjutan dari platform minyak nabati,” katanya dalam webinar United Nations Economic And Social Council (UN-ECOSOC) High Level Political Forum (HLPF), Senin (11/7/2022).

Sementara itu Direktur Eksekutif CPOPC, Rizal Affandi Lukman mengutarakan ada tanggung jawab utama untuk memastikan produsen dan konsumen minyak sawit, seperti juga pemangku kepentingan lainnya, benar-benar memahami pentingnya dampak sosial ekonomi sektor minyak sawit terhadap keberlanjutan dan pembangunan masyarakat.

“CPOPC senantiasa siap untuk terlibat dalam mewujudkan komitmen atas pembangunan berkelanjutan di dunia,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Selasa (12/7/2022).

Sumber:  infosawit.com