Harga Bawang Merah Naik Hingga Sepuluh Persen

PALANGKA RAYA, Canal Berita — Harga bawang merah di pasaran Kota Palangka Raya dalam sepekan terakhir ini mengalami kenaikan hingga 10 persen. Kenaikan itu dirasa dampak dari kenaikan harga BBM dan cuaca yang masih kurang menentu.

Kepala Bidang Perdagangan, Hadriansyah menyebut, berdasarkan daftar isian harga bahan kebutuhan pokok pasar di Kota Palangka Raya, harga bawang merah mencapai Rp64 ribu per kg. Hal ini terjadi sepkan trakhir.

“Seperti harga bawang merah di Pasar Kahayan Palangka Raya, naik dari Rp58 ribu per kg menjadi Rp64 ribu per kg, semoga dalam kurun waktu 2 atau tiga hari ke depan harga akan mengalami penurunan,” katanya, Selasa (5/7).

Kenaikan harga bawang merah kata Hardiansyah, tidak diikuti dengan kenaikan harga bawang putih. Harga bawang putih cenderung stabil dari harga sebelumnya yaitu Rp28 ribu per kg.

“Lamanya masa panen dan berkurangnya pasokan ke pasar, menjadi penyebab naiknya harga bawang merah. Namun dari segi stok barang di pasaran masih dalam kategori aman,” jelasnya.

Berbeda dengan bawang merah lanjutnya, harga jual daging ayam broiler di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya justru mengalami penurunan. Dari harga sebelumnya Rp49 ribu per kg menjadi Rp47 ribu per kg.

“Sedangkan untuk harga bahan kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng, cabai merah dan putih, kacang, telur, gula pasir, beras serta lainnya, masih tetap sama. Tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan harga,” pungkasnya. (k1)