5 Calon Top Skor Liga 1 2022

JAKARTA, canalberita.com-Ketajaman striker-striker Liga 1 menjadi satu hal yang menarik untuk disimak musim ini. Berikut lima calon top skor Liga 1 musim 2022/2023.

Bomber Bali United Ilija Spasojevic merajai klasemen pencetak gol terbanyak Liga 1 musim lalu. Pemain naturalisasi Indonesia dari Montenegro itu mampu mencetak 23 gol, unggul dua gol dari Carlos Fortes dan Ciro Alves.

Belum ada nama pemain kelahiran Indonesia yang meramaikan papan atas daftar top skor Liga 1 musim lalu. Ini menjadi catatan tersendiri soal cara klub mengasah striker lokal agar lebih tajam.

Kendati demikian, Liga 1 2022/2023 diperkirakan bakal berjalan lebih sengit karena beberapa striker top memutuskan pindah klub. Bahkan ada tim yang merekrut bomber dengan pengalaman sepak bola Eropa.

Ini membuat peta persaingan striker semakin menarik.

Berikut 5 calon top skor Liga 1 musim 2022/2023:

1. Ilija Spasojevic (Bali United)
Pemain Bali United Ilija Spasojevic masih membuktikan ketajamannya di Liga 1. Musim lalu striker Timnas Indonesia kelahiran Montenegro itu mencetak 23 gol.

Bomber veteran 34 tahun itu belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa karena catatan golnya justru meningkat dari tiga musim terakhir.

Di Liga 1 2018 Spasojevic mencetak sembilan gol pada musim perdananya bersama Bali United. Kemudian di Liga 1 2019 ia mencetak 16 gol sekaligus membawa timnya menjuarai Liga 1.

Spasojevic dan Bali United semakin sulit dihentikan di musim 2021/2022. Pemain yang kini berpaspor Indonesia itu mencetak 23 gol sekaligus menjadi top skor Liga 1 plus gelar juara bagi Bali United musim lalu.

Kemampuan penempatan sekaligus penyelesaian Spasojevic masih mengerikan di daerah pertahanan lawan. Bukan tak mungkin dirinya bisa kembali menjadi top skor di musim 2022/2023.

2. Carlos Fortes (PSIS Semarang)
Carlos Fortes memutuskan hengkang ke PSIS Semarang usai menjalani satu musim yang impresif bersama Arema FC. Ia menjadi pencetak gol terbanyak Singo Edan di Liga 1 2021/2022.

Predikat top skor direbut berkat catatan 20 gol yang dicetak Fortes. Meski belum memiliki pengalaman yang banyak di kompetisi sepak bola Indonesia, pemain asal Portugal itu mampu cepat beradaptasi.

Fortes pun membuat keputusan besar ketika memilih pindah ke PSIS Semarang di saat pendukung Arema sedang mengelu-elukan namanya. Meski begitu eks penggawa Racing Santander B dan Braga itu tetap berusaha profesional.

Fortes langsung membuktikan kualitasnya dengan mencetak lima gol di Piala Presiden 2022. Catatan itu berkontribusi bagi PSIS sebagai tim paling produktif dengan 15 gol di fase grup Piala Presiden 2022.

ketajaman Fortes yang ditambah dengan kerjasama tim membuat PSIS Semarang diprediksi bakal mendulang banyak gol. Fortes pun memiliki kemungkinan menjadi calon top skor Liga 1.

3. Michael Krmencik (Persija Jakarta)
Persija menyita perhatian ketika merekrut pemain timnas Ceko Michael Krmencik di bursa transfer 2022. Krmencik diprediksi bakal membuktikan ketajamannya di Liga 1 musim 2022.

Kualitas striker 29 tahun itu langsung terlihat ketika mencetak gol pembuka pada laga persahabatan kontra Rans Nusantara FC. Ia menjebol gawang lawan saat laga baru berjalan tujuh menit.

Mantan pemain Club Brugge dan Slavia Praha itu juga memiliki pergerakan yang membahayakan ketika menjadi kreator gol kedua Persija yang dicetak Hanno Behrens.

4. Ciro Alves (Persib Bandung)
Ciro Alves memutuskan melebarkan sayapnya ke Persib Bandung di bursa transfer 2022. Keputusan itu ia ambil setelah menjalani tiga tahun yang impresif bersama Persikabo 1973.

Alves diharapkan dapat menjadi andalan Maung Bandung yang ingin bersaing meraih juara Liga 1. Catatan gol musim lalu menjadi salah satu indikator Alves bisa melesatkan produktivitas tim.

Alves menduduki posisi kedua top skor Liga 1 musim lalu dengan 20 gol sama seperti Carlos Fortes di Arema FC. Pemain asal Brasil itu berada di puncak ketajamannya bersama Persikabo.

Harapan Bobotoh pun tinggi terhadap Alves karena Persib menjadi salah satu tim yang paling kompetitif musim lalu. Mau tak mau Alves akan menjadi andalan pelatih Roberts Rene Alberts di lini depan.

Persoalannya adalah Alves harus fit 100 persen usai mengalami cedera bahu di Piala Presiden 2022. Jika sudah pulih, striker 33 tahun itu dapat menjadi kandidat kuat top skor Liga 1.

5. Youssef Ezzejjari (Bhayangkara FC)

Pemain Persik Kediri Youssef Ezzejari benar-benar menjadi tulang punggung lini depan tim di Liga 1 2021/2022. Ia mencetak lebih dari separuh dari total gol yang dicetak Laskar Jayabaya musim lalu.

Striker asal Spanyol itu mencetak 19 dari 33 gol di Liga 1 musim lalu. Tak ayal catatan itu membuat Ezzejjari masuk jajaran pemain tersubur.

Ezzejjari dapat mengeksplorasi kemampuannya lebih dalam usai memutuskan pindah ke Bhayangkara FC. Pemain 29 tahun itu perlu mendapat suplai bola yang matang dari lini tengah demi bisa mencetak gol lebih banyak.

Rekam jejak Ezzejjari yang selalu mencetak minimal 15 gol dalam dua musim beruntun membuat dirinya memiliki kualitas yang mumpuni sebagai juru gedor.

Terlebih lagi jika Bhayangkara FC sebagai pesaing kuat juara Liga 1 meramu strategi yang tepat. Ezzejjari dapat menjadi salah satu lumbung gol musim depan.

Sumber: cnnindonesia