Wali Kota Palangka Raya Minta Warga Ikuti Vaksinasi Penguat Sebelum Mudik

CANALBERITA.COM – Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Fairid Naparin meminta warga setempat yang ingin melakukan mudik dan telah memenuhi kriteria agar segera melaksanakan vaksin penguat atau “booster”.

Bagi yang ingin mudik dan telah memenuhi ketentuan agar segera mengikuti vaksinasi ‘booster’. Hal ini untuk semakin meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan COVID-19,” kata Fairid di Palangka Raya, Rabu 20 April 2022.

Dia mengatakan, dengan pelaksanaan vaksin dosis ketiga bagi pemudik, maka akan meminimalkan potensi penyebaran virus corona. Sehingga, lanjut dia, secara tidak langsung juga akan melindungi keluarga di kampung halaman dari paparan COVID-19.

Tahapan Pilkada 2024

Sesuai kebijakan pemerintah pusat, vaksinasi penguat menjadi syarat melakukan mudik Lebaran 1443 Hijriah.

Dalam rangka mendukung kebijakan tersebut saat ini Pemkot Palangka Raya juga semakin menggencarkan vaksinasi COVID-19.

Pemerintah kota saat ini terus melakukan persiapan penerapan aturan mudik. Salah satunya terkait vaksin dan ini terus kita gencarkan,” kata Fairid.

Saat arus mudik, kata dia, seluruh masyarakat diharapkan sudah divaksin lengkap yang bisa dibuktikan lewat aplikasi Peduli Lindungi. Warga yang mudik pun akan mendapat pengawasan ketat dari petugas, terutama di pintu masuk dan keluar perbatasan.

Selanjutnya, berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, hingga awal pekan lalu, tercatat vaksinasi COVID-19 dosis kedua di wilayah setempat telah mencapai 99,92 persen dari target 223.417 orang.

Kemudian capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama tercatat 260.317 orang atau 116,52 persen dari target. Capaian vaksinasi dosis ketiga di wilayah setempat tercapai 26,63 persen atau 59.505 orang telah disuntik vaksin penguat atau “booster”.

Dalam pemberian vaksin selama Ramadhan itu, Pemkot Palangka Raya mengikuti dan menyesuaikan dengan fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 terkait hukum vaksin COVID-19 saat berpuasa. (BS/CNB)