Masyarakat Kapuas Diminta Ambil Bagian Dalam Pelaksanaan Food Estate

CANALBERITA.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendorong masyarakat di Kabupaten Kapuas mengambil bagian dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) food estate.

Masyarakat setempat harus ambil bagian dan diberdayakan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sebagaimana disampaikan Staf Ahli Herson B Aden dihubungi di Kapuas, Kamis 24 Maret 2022.

Dilansir dari Antara, Kapuas menjadi salah satu lokasi pengembangan kawasan ketahanan pangan food estate di Kalteng yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, selain kabupaten lainnya yakni Pulang Pisau.

Tahapan Pilkada 2024

Untuk itu masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam food estate dengan melihat berbagai peluang yang tersedia, sehingga tak hanya menjadi penonton dari pesatnya perkembangan daerah melalui PSN tersebut.

Terlebih hari ini merupakan peringatan Hari Jadi ke-216 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-71 Pemkab Kapuas, sehingga diharapkan menjadi momentum bangkit dan berpacunya perekonomian di kabupaten setempat.

Manfaatkan pengembangan food estate, jeli dalam mengambil berbagai peluang yang tersedia,” ucapnya.

Pengembangan food estate yang dilaksanakan terintegrasi, tak hanya berfokus pada padi namun juga hortikultura, peternakan dan lainnya, menyediakan ragam peluang yang sangat potensial.

Peluang-peluang ini jika dimanfaatkan secara maksimal, maka diyakini juga akan memangkas angka pengangguran di daerah dengan tumbuhnya berbagai lapangan kerja baru.

Hal ini kami harapkan tak dilewatkan begitu saja oleh masyarakat di Kapuas maupun Pulang Pisau, serta daerah lainnya di Kalteng,” jelasnya.

Untuk itu Pemprov Kalteng tak hanya fokus memenuhi berbagai kebutuhan dalam pengembangan food estate, tetapi juga memacu peningkatan sumber daya manusia masyarakat di daerah setempat.

Hal ini sebagai upaya agar SDM daerah siap dan mampu memaksimalkan berbagai peluang yang tersedia, termasuk menghadapi persaingan di dunia kerja.

Adapun perkembangan saat ini luas tanam food estate di Kalteng tahun anggaran 2020-2021 mencapai 44.135 hektare. Meliputi 2020 seluas 30.000 hektare dan 2021 seluas 14.135 hektare.