Awas Banjir Datang Kembali, Sepekan Kedepan Kalteng Duguyur Hujan Lebat

CANALBERITA.COM – Sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terancam terjadi banjir susulan dan longsong, hal ini karena curah hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang terus terjadi.

Hal ini atas prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, yaitu dari 4 Oktober 2021 – 10 Oktober 2021.

Bagian Perkiraan BMKG Palangka Raya, Roland Bonery mengatakan, kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah umumnya berawan hingga berpotensi hujan sedang dan lebat.

“Hasil prakiraan cuaca BMKG Palangka Raya, hujan tersebut juga disertai angina kencang dari arah Tenggara – Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 – 20 km/jam,” terang Roland Bonery melalui pesan singkat Whatsapp, Senin 4 Oktober 2021.

Selain itu ia juga menyampaikan, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Sukamara, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Kapuas, Pulang Pisau, Palangka Raya, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya.

“Ini terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Tengah hingga 10 Oktober 2021 mendatang,” ujarnya.

Makanya dari itu katanya, mereka meminta masyarakat untuk selalu waspada potensi adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah.

Selain itu, waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 0.5 – 2.0 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah. “Kami mengimbau kepada masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut,” tutupnya.

(CNB1)