RS Pratama Tumbang Samba Ditargetkan Selesai Bulan November

canalberita.com — Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Tipe D, Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan masih dalam proses penyelesaian proyek bangunannya.

Pusat pelayanan kesehatan berada di sekitar kawasan dataran tinggi nan strategis ini berada kilometer 2 pada ruas jalan penghubung Jalan Desa Tumbang Samba menuju Kota Sampit, Kotawaringin Timur. Dengan lahan seluas 4,6 hektar dan 4.466 meter kuadrat untuk keseluruhan bangunan.

Dataran tinggi dipilih untuk membebaskan lokasi RS Pratama dari air banjir. Rumah Sakit Pratama ditarget selesai pada bulan November mendatang. Dana yang dialokasikan untuk pekerjaan fisik dan pengadaan alat kesehatan sebesar Rp 42 miliar.

 

Sekretaris Dinas Kesehatan Glorikus G, menjelaskan, RS Pratama Tumbang Samba akan mempekerjakan sebanyak 60 karyawan terdiri dari tenaga medis, paramedis dan non tenaga kesehatan. Dimana sudah diusulkan kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Katingan.

Mengenai kebutuhan petugas pada RS Pratama itu juga, pihaknya masih menunggu kesepakatan apakah mengambil petugas dari jajaran Dinas Kesehatan atau pengadaan petugas baru.

“Standar RS Tipe D mempunyai tenaga dokter umum, spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis anak dan spesialis bedah. Tempat tidur sebanyak 50 unit,” jelas Glorikus G, Minggu 5 September 2021 kemaren.

Lanjutnya, untuk progres pengerjaan fisik fasilitas Rumah Sakit Pratama mencapai 40 persen. Pihak pelaksana pekerjaan optimis dapat menyelesaikan proyek pada bulan November mendatang.

“Sementara, untuk material bangunan cukup dan jaringan listrik sudah kita clear-kan dengan pihak PLN Tumbang Samba,” ungkapnya.

Glorikus G, juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang dengan gigih turut memperjuangkan berdirinya Rumah Sakit Pratama. Karena rumah sakit tersebut rumah sakit yang diperjuangkan masyarakat sejak tahun 2016 lalu. Dan akhirnya dapat terwujud.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.