PT BMB Bersama Dayak Hapakat Bersinergi Untuk Kesejahtraan Masyarakat

CANALBERITA.COM- Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Seperti halnya,  masyarakat yang tinggal di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Guna mengatasi masalahan ekonomi tersebut, PT Berkala Maju Bersama (BMB) memberikan solusi  dalam mengembangkan usaha perkebunan kelapa sawit yang dapat berdampak baik bagi masyarakat sekitar supaya nilai ekonomi dari hasil kelapa sawit bisa dinikmati dan mensejahterakan masyarakat setempat.

Oleh karenanya diharpkan masyarakat ikut berperan dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit, maka dilaksanakan pertemuan antara Management PT. BMB bersama Pengurus Koperasi Dayak Hapakat dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang dilaksanakan di kediaman Cornelis N Anton di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, (10/09/2021).

Owner PT BMB  ini berupaya memberikan ruang dan gagasaan agar masyarakat melalui Koperasi atau badan lainnya bisa bersinergritas bersama membangun perkebunan kelapa sawit dengan cara Kemitraan Kebun Plasma yang sepenuhnya di kelola oleh pihak perusahaan.

“Pola Kemitraan 80:20, yaitu 80 % hasil bagi Inti, 20 % hasil bagi petani dari total lahan yang dimitrakan dan sepenuhnya di kelola oleh pihak perusahaan. Jika telah menghasilkan, pemberiaan hasil diberikan pertriwulan,” jelas Putra  Asli Gunung Mas.

Lebih lanjut  Cornelis menjelaskan, kepada masyarakat melalui Koperasi Dayak Hapakat apabila memiliki lahan yang lengkap legilitas kepemilikannya dan mau berkebun kelapa sawit bisa mengajukan ke PT. BMB agar diberikan bibit kelapa sawit. “Masyarakat juga bisa mengelola perkebunan sawit secara mandiri dan tentu hasilnya akan dapat memberikan kesejahteraan,” tukasnya.

Dirinya menambahkan, apabila sinergritas telah terbangun dengan baik dan pengelolaan kebun kelapa sawit dapat terus meningkat, maka tidak menutup kemungkinan akan dibangunkan pabrik kelapa sawit yang tentunya nilai secara ekonomis juga sangat berdampak baik bagi masyarakat petani kelapa sawit. “Ini kampung kita dan perusahaan kita yang akan dikelola secara kekeluargaan agar Masyarakat Dayak Sejahtera,” tutup Cornelis.

Sementara itu, Ketua Koperasi Dayak Hapakat Lifson I. Nyaring menyampaikan dapat menerima konsep-konsep yang telah disampaikan oleh PT BMB,  karena sangat membantu masyarakat seperti anggota Koperasi yang memiliki lahan dan  juga memberikan kesempatan bagi masyarakat jika mau mengelola secara mandiri kebun kelapa sawit. “Ini jelas sangat menguntungkan bagi kami,” kata Lifson.

Lifson berjanji akan segera mengkonfirmasi dan mengsosialisasikan kepada seluruh anggota koperasi atas kerjasama kemitraan kebun plasma tersebut. “Yang penting dalam mengelolaannya secara terbuka dan kami juga akan memastikan lahan yang dikelola tidak akan terjadi sengketa karena kepemilikan lahan yang dipunyai anggota lengkap secara kepemilikannya,” tukas Lifson.

Estate Manager Agus Rinaldy menyampaikan bahwa Kegiatan koordinasi bersama pengurus Koperasi Dayak Hapakat dapat berjalan dengan baik dan dalam waktu dekat ini akan bersama-sama melakukan plot lahan kemitraan plasma sehingga atas dasar tersebut dapat membangun sinergritas kerjasama kemitraan plasma.

Dalam pertemuan disampaikan secara terpisah oleh Bakti Yusuf Irwandi Sekretaris Pasukan Pengamanan Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah (Pam PP Kalteng) yang ditugaskan sebagai Supervisi Pam PP PT. BMB Region Kurun mengatakan sudah saatnya masyarakat dayak mengambil peran dalam peningkatan ekonomi melalui kemitraan plasma maupun pengelolaan secara mandiri (menjadi tuan atas tanahnya).

“Seperti halnya pada anggota Pam PP PT. BMB Region Kurun hampir 90 % tenaga pengamanan adalah Pemuda Dayak, supaya ada kesempatan mereka mengembangkan kariernya dan bisa ada kesempatan belajar dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit sehingga di harapkan ke depan mereka juga bisa kelola secara mandiri perkebunan kelapa sawit,” tutup Bakti.

Dalam kegiatan koordinasi dihadiri oleh puluhan pengurus Koperasi Dayak Hapakat dan dari management PT. BMB diantaranya,  Solihin (Manager Acounting) , , Saulus (Koordinator Tim Community Development), Sr. Asst. Plasma dan Mitra Plasma dan Zulpian Asst. GIS .

(red/adv-2)