Polda Kalteng Asah Kemampuan Anggota Dalam Pengungkapan Kasus

CANALBERITA.COM – Guna meningkatkan kemampuan dalam pengungkapan kasus, Polda Kalimanttan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang langsung dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Surabaya.

Karena sebuah tindak pidana atau kejadian berawal dari TKP. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo diwakili Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum), Kombes Pol Budi Hariyanto usai membuka pelatihan tersebut di Aula Arya Dharma Polda Kalteng, Rabu 15 September 2021.

Budi mengatakan, dalam penanganan sebuah kasus berawal dari TKP, sehingga personel atau anggota yang menangani dituntut profesional, teliti dan memahami arah penyelidikan.

“Penanganan TKP asal-asalan dan tidak cermat akan mengaburkan dalam proses penyelidikan. Nah disini lah kita belajar bagimana mengolah TKP yang cermat, bagaimana cara mengambil sidik jari, bagaimana cara mengangkat barang bukti dan bagaimana menggunakan barang bukti siapa pengguna barang bukti,” sebut Dirreskrimum Polda Kalteng ini.

Ia menambahkan, sebab Tim Labfor ini membantu dari sisi uang palsu, dokumen, digital forensik, kimia forensik maupun komputer forensik bahkan metalogi terkait senjata api serta sampai narkoba forensik.

“Jadi hasil dari pemeriksaan Labfor itu nanti menjadi petunjuk yang membantu dalam pengungkapan sebuah pekara. Nah apabila sebaliknya, jika anggota di lapangan tidak cermat maka menyulitkan pengungkapan kasus. Nah harapan kita disini lah tempat belajar dalam membantu pengungkapan kasus,” tutupnya.

(cnb-1)