Melestarikan Tradisi Budaya Adat Istiadat Suku Dayak, PT BMB Fasilitasi Gelaran Ritual Manyanggar

CANALBERITA.COM-Salah satu upacara ritual adat Suku Dayak adalah “Manyanggar” menjadi bagian tak terpisahkan dalam keseharian warga Suku Dayak. Karena Manyanggar adalah sebuah acara adat yang tujuannya doa keselamatan bagi pelaksanaan suatu pekerjaan.

Sebagai wujud kepedulian perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Berkala Maju Bersama (BMB) dalam melestarikan tradisi budaya adat istiadat masyarakat Suku Dayak tersebut dengan memfasilitasi kegiatan ritual adat Manyanggar atau mamparasih lewu.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Damang Kepala Adat Manuhing Raya, Awal Jantriadi tersebut digelar di kawasan PT BMB Manuhing Estate yang dilaksanakan pada tangggal 23-26 September 2021 lalu.

Direktur Sosial dan Hukum, Cornelis Nalau Anton yang merupakan putra asli Suku Dayak melalui Senior Manager Manuhing Estate, Nyaris Dwi Muladi mengatakan, kegiatan ritual tersebut sudah ada sejak lama.

“Di tradisikan masyarakat Dayak dipercaya bahwa alam ini selain manusia hidup juga makhluk gaib yang hidup secara berdampingan,” jelas , Nyaris Dwi Muladi kepada canalberita.com.

Menurutnya, upacara ritual adat Dayak manyanggar juga merupakan bagian tak terpisahkan dalam keseharian warga Dayak. “Dalam acara ini juga ada acara pengusiran terhadap roh jahat yang berpotensi mengganggu setiap pekerjaan,” katanya.

Kegiatan menyanggar di hadiri oleh sejumlah pimpinan PT BMB, Damang Manuhing Raya, PLT Camat Manuhing Raya, perwakilan dari Koramil, Kepolisian etempat dan aparatur Desa Bangun Sari dan masyarakat dayak setempat.

(red/adv-9)