Masa Pandemi BKKBN Kalteng Jalankan Program Dashat

CANALBERITA.COM– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus memberikan pembinaan atau pengetahuan bagi masyarakat guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggil dan sehat.

“Kita (BKKBN) Provinsi Kalteng terus berupaya memberikan pembinaan kepada masyarakat atau keluarga mewujudkan SDM unggul. Walau kendalanya protokol kesehatan, karena masa pandemi Covid-19 masih terus terjadi,” ucap Kepala BKKBN Provinsi Kalteng, Muhammad Irzal.

Irzal menjelaskan, program pembinaan keluarga bukan hanya sebatas masalah stunting saja, tetapi juga memberikan pemahaman terkait bagaimana mewujudkan keluarga unggul, keluarga berkualitas dan keluarga sehat.

Masa pandemi Covid-19, BKKBN juga menjalankan program Dashat atau Dapur Sehat Atasi Stunting. Menurutnya program tersebut telah dilaksanakan pada 286 Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang telah terbentuk di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Program Dashat kita memberikan pemahaman bagimana membuat seribu hari pertama kehidupan, bagaimana mengelola air bersih, serta bagaimana menata lingkungannya yang sehat,” cetus Muhammad Irzal.

Ia berpesan kepada masyarakat Kalimantan Tengah untuk selalu mewujudkan pola hidup sehat dan bersih, terlebih sekarang ini masa pandemi Covid-19 masih terjadi. Sebab ini penting dilakukan terutama untuk mencegah anggota keluarga tertular corona.

“Lebih utama adalah menjaga pola hidup sehat, makan-makanan yang sehat agar imun tetap terjaga dan terhindar dari Covid-19. Jangan sampai kita menjadi orang penular dalam keluar akibat kelalaian kita dalam menjalankan protokol kesehatan,” tutupnya.

(cnb-1)