Wow..! Di Kalteng, Kabupaten Katingan Terbanyak Sembelih Hewan Kurban. Ini Jumlahnya?

canalberitaa.com-Idul Adha 1442 Hijriyah dirayakan di tengah suasana pandemi Covid-19, meski pun begitu, antusias umat muslim untuk berkurban masih tinggi, dan itu terlihat dari jumlah hewan Kurban di Kalimantan Tengah yang mencapai 5.468 Ekor.

Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi menjelaskan, dari data yang dicatat oleh Bidang Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, menunjukkan bahwa total terdapat 5.468 ekor hewan yang dikurbankan pada Idul Adha tahun ini.

“Hewan kurban sebanyak itu terbagi atas 4.212 ekor sapi, 1.158 ekor kambing, dan Kerbau 98 ekor. Dari total tersebut, jumlah terbanyak terdapat di Kabupaten Katingan. Di Katingan, terdapat 1.075 hewan kurban yang disembelih, terdiri dari 798 ekor sapi dan 297 ekor kambing,” ucapnya, Selasa 27 Juli 2021.

Noor Fahmi mengakui, angka tersebut relatif tinggi jika dibandingkan dengan kondisi pandemi saat ini, yang berimbas pada perekonomian masyarakat di berbagai daerah. Dirinya bersyukur karena tingginya jumlah hewan kurban menunjukkan besarnya niat beribadah pada masyarakat muslim Kalimantan Tengah.

“Semoga ini juga menjadi cara untuk keluar dari pandemi, karena amal ibadah seseorang akan mengindarkan dari musibah atau bencana, tentu dengan pertolongan Allah SWT,” pungkasnya.

Jumlah hewan kurban paling sedikit, berada di Kabupaten Lamandau, di wilayah tersebut, terdapat 116 ekor hewan yang disembelih sebagai kurban.

“Namun sedikit atau banyak tentu bukan yang menjadi prioritas utama, yang paling penting adalah keikhlasan dari setiap umat muslim yang menunaikan ibadah tersebut,” lugasnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. 
Hal yang terkait dengan tulisan, grafis, video, dan 
keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.