Ketua KPU: NIK Jokowi di Website KPU Sudah Di-takedown

canalberita.com  — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyatakan bahwa lembaganya sudah menurunkan tampilan (takedown) nomor induk kependudukan (NIK) Presiden Jokowi di laman resmi milik KPU RI.

Hal itu menyusul hebohnya data Kepala Negara yang bocor di jagat media sosial (medsos).

“Itu sudah kita takedown, sudah kita turunkan,” kata Ilham di depan ruang rapat komisi II DPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Ilham menjelaskan kembali, saat itu KPU telah meminta persetujuan kepada masing-masing calon presiden untuk mempublikasikan data pribadinya. Menurutnya, hal itu penting dalam rangka mengenalkan calon yang berlaga di Pilpres 2019 kepada masyarakat luas.

“Nah jadi penulisan itu sudah persetujuan dari calon. Ketika itu Pak Jokowi dan Pak Prabowo,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebar bebas di media sosial. Bahkan ada yang menggunakan NIK tersebut untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Sehingga tampak informasi surat keterangan vaksinasi covid-19 milik Presiden Jokowi. Memang saat ini dengan mudah menemukan NIK Presiden Jokowi.

Salah satunya bisa didapat dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada bagian form calon Presiden RI untuk Pemilu 2019 https://infopemilu2.kpu.go.id/pilpres/calon/jokowi.

 

Okezone