Sehari 3 Kali Gempa Bumi Guncang Timur Laut Tuban, Terasa Sampai Palangka Raya

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melaporkan,  timur laut Tuban, Jawa Timur tiga kali diguncang gempa bumi, yakni  pertama gempa berkekuatan 6.0  Skala Richter terjadi pada pukul 11.22.45 WIB, gempa kedua berkekuatan 5.3 Skala Richter terjadi pada pada pukul 12.31.12 WIB dan gempa ketiga berkekuatan 6.5 Skala Richter terjadi pada pada pukul 15.52.58 WIB   pada Jumat 22 Maret 2024.

Pusat gempa berlokasi di  132, 133 dan 130 km timur laut Tuban pada kedalaman 10 km ini dirasakan di berbagai wilayah, Blora, Surabaya, Kabupaten Banjar, Mojokerto, Malang, Lumajang, Nganjuk, Yogyakarta, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Kulonprogo, Temanggung, Madura, Gresik, Bawean, Madiun hingga wilayah Kalimantan, seperti Banjar Baru, Banjar Masin, Marta Pura, Sampit, Palangka Raya, Balikpapan dan Tanah Gerogot.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Lian Andriani membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, getaran gempa dapat dirasakan oleh warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. “Kejadian ini mengejutkan banyak warga yang tidak mengira akan merasakan dampak gempa dari jarak yang jauh,” katanya Jumat, 22 Maret 2024.

 

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara