Krisis Laut Merah: Arus Kapal di Terusan Suez Anjlok 42%, Picu Inflasi

 JAKARTA,CanalBerita-Volume lalu lintas komersial yang melewati Terusan Suez telah turun 42% dalam 2 bulan terakhir seiring dengan serangan yang dilakukan oleh kelompok Houthi di Yaman yang meningkatkan kekhawatiran terhadap arus perdagangan global.

Kelompok Houthi yang didukung Iran mengatakan bahwa mereka menargetkan apa yang mereka anggap sebagai pengiriman komersial dan militer yang terkait dengan Israel di wilayah tersebut sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza. Hal tersebut mendorong beberapa pengangkut kargo untuk mengambil rute yang lebih panjang dan lebih mahal untuk menghindari serangan.

“Kami sangat prihatin bahwa serangan terhadap pelayaran Laut Merah menambah ketegangan pada perdagangan global, memperburuk gangguan perdagangan (yang sudah ada) karena geopolitik dan perubahan iklim,” kata ketua Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB (UNCTAD) Jan Hoffman, Kamis (25/1/2024), dilansir AFP.

Menurut UNCTAD, kapal-kapal yang beralih dari Laut Merah berlayar ke arah Tanjung Harapan di Afrika Selatan dan menyebabkan penurunan transit melalui Terusan Suez sebesar 42% dalam 2 bulan terakhir.

Adapun Terusan Suez di Mesir menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah. Sementara itu, lebih dari 80% volume perdagangan barang internasional dilakukan melalui laut.

“Transportasi maritim benar-benar merupakan jalur kehidupan perdagangan global,” katanya.

Jumlah transit kapal kontainer mingguan melalui Suez telah turun sebesar 67% dibandingkan tahun lalu karena lebih dari 20% perdagangan kontainer dunia melewati Terusan Suez.

“Mengingat kapal kontainer berukuran besar yang beralih dari Terusan Suez, penurunan daya dukung kontainer bahkan lebih besar lagi,” kata Hoffman.

Lalu lintas kapal tanker turun 18%, transit kapal kargo curah yang membawa biji-bijian dan batu bara turun 6%, dan transportasi gas terhenti.

Secara keseluruhan, antara 12%-15% perdagangan dunia atau sekitar 20.000 kapal per tahun melewati Laut Merah yang menjadi penghubung antara Eropa dan Asia.

Situasi ini menjadi lebih buruk karena jalur perdagangan maritim global lainnya juga menghadapi gangguan, dengan pembatasan transit melalui Laut Hitam sejak invasi Rusia ke Ukraina 2 tahun lalu, yang menyebabkan harga pangan global melonjak.

Selain itu, kekeringan di Amerika Tengah telah menyebabkan turunnya permukaan air di Terusan Panama, sehingga secara signifikan mengurangi jumlah lalu lintas yang dapat melintasi jalur penting tersebut.

“Gangguan yang berkepanjangan pada jalur perdagangan utama akan mengganggu rantai pasokan global, menyebabkan tertundanya pengiriman barang, peningkatan biaya, dan potensi inflasi,” UNCTAD memperingatkan.

Sumber: cnbcindonesia