AS Bersama Inggris Bombardir Kota-Kota di Yaman yang Dikuasai Milisi Houthi

JAKARTA,CanalBerita-Ancaman Amerika Serikat (AS) dan Inggris akan melancarkan serangan terhadap milisi Houthi di Yaman benar-benar diwujudkan pada Jumat, 12 Januari 2024 dini hari.

Melalui serangan udara, AS bersama Inggris membombardir kota-kota di Yaman yang dikuasai oleh kelompok Houthi.

“Serangan tersebut melibatkan jet tempur dan rudal Tomahawk,” kata beberapa media AS dikutip AFP, seperti dilansir canalberita dari cnbindoensia.

Serangan AS dan Inggris dilakukan pasca serangannya milisi Houthi ke kapal-kapal yang berlayar di Laut Merah yang dianggap berafiliasi dengan Israel.

Kelompok Houthi telah melakukan semakin banyak serangan terhadap rute laut internasional utama sejak perang Gaza meletus. Langkah itu diambil Houthi sebagai protes serangan Israel ke Gaza.

Bahkan milisi Houthi merespon serangan udara AS dan Inggris di kota-kota Yaman dengan langsung melancarkan serangan udara balasan terhadap kapal perang Amerika Serikat dan Inggris di Laut Merah.

Anggota senior Houthi, Abdul Salam Jahaf, menuturkan serangan udara kelompoknya itu merupakan balasan usai AS dan Inggris membombardir sejumlah kota di Yaman pada Jumat dini hari.

Penulis: cnb
Editor: alfrid u gara