Google Dirombak Habis, Bos Besar Kompak Resign Usai PHK

JAKARTA,CaalBerita-Google baru saja mengumumkan PHK gelombang baru di awal 2024. Kali ini, ratusan karyawan Google di seluruh dunia akan terkena dampak, tepatnya di divisi Google Assistant, Devices, dan Services.

Sebagai informasi, tim Devices dan Services selama ini bertanggung jawab untuk mengurus produk Pixel, Nest, dan Fitbit. Bersamaan dengan PHK, Google juga melakukan perombakan besar-besaran di unit bisnis tersebut.

Sebelumnya, divisi Pixel, Nest, dan Fitbit, memiliki tim yang berdiri sendiri secara independen. Masing-masing mengurusi design, serta proses engineering di aspek hardware dan software, UI, dll.

Dalam perombakan terbaru, Google mengubah model fungsional organisasi tiap divisi. Hanya akan ada satu tim yang bertanggung jawab untuk proses engineering hardware di Pixel, Nest, dan Fitbit.

Dengan begitu, hanya akan ada satu pimpinan di divisi tersebut, dikutip dari 9to5Google, Jumat (12/1/2024).

Sebagai bagian dari perombakan tersebut, para pendiri Fitbit memutuskan hengkang dari Google. Mereka adalah James Park dan Eric Friedman. Bisa dibilang, tim Fitbit mengalami eksodus, sebab beberapa petinggi divisi itu juga ikut cabut.

Sebagai informasi, ketika Google mengakuisisi Fitbit pada 2021 lalu, James Park diberi jabatan sebagai VP dan General Manager Fitbit. Ia juga menjadi sosok yang meluncurkan Pixel Watch dan Pixel Watch 2 untuk Google.

Selain produk smartwatch dan tracker, wearable Google lainnya seperti Pixel Buds juga berada di bawah naungan James Park.

Sumber: cnbcindonesia.com