Otorita IKN Teken MoU dengan 3 Perusahaan Teknologi Dunia

JAKARTA,CanalBerita-Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan tiga perusahaan teknologi dunia di Silicon Valley, San Francisco, Amerika Serikat, Senin (13/11) waktu AS.

Tiga perusahaan teknologi tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI). Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.

Dalam sambutannya, Bambang mengatakan penandatanganan MoU ini adalah peristiwa bersejarah bagi sebuah pembangunan sebuah kota. Bukan kota biasa, tapi kota yang jadi ibu kota negara Republik Indonesia.

“Bukan cuma ibu kota, tapi juga ibu kota yang berkelanjutan,” kata Bambang.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi perusahaan-perusahaan raksasa dunia tersebut untuk bersama-sama membangun nusantara.

MoU ditandatangani oleh Deputi bidang Transformasi Hijau dan Digital Muhammed Ali Berawi. Dari Cisco yang mewakili adalah Vice President Engineering Sustainability Office Denise Lee Yeh, Autodesk diwakili Allison Rose selaku Senior Director Government Affairs and Public Policy, dan ESRI diwakili oleh Dean Angelides selaku Director of Global Business Development.

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. Di IKN nantinya, Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Sementara Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur.

Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial.

Teknologi tersebut dimanfaatkan di IKN bisa digunakan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial. Teknologi informasi geospasial dapat membantu dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.

Pemanfaatan data dan informasi geospasial ini dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar, dan biodiversitas, hingga mitigasi risiko bencana.

Ali Berawi mengatakan bukan cuma perusahaan-perusahaan ini yang menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan IKN. Sejumlah perusahaan lain juga akan menjalin kerja sama dengan Otorita IKN untuk membangun Nusantara jadi ibu kota baru.

“Bukan cuma dari Amerika Serikat, tapi juga dari Korea Selatan dan China,” kata Ali.

Sumber: CNN Indonesia