KOPPAD Borneo Kunjungi Unit Industri Kecil

PALANGKA RAYA,CanalBerita-Komandan Resort Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak Borneo atau KOPPAD Borneo Kalteng, Dreiyano L.Lindan, SP melakukan kunjungan silahturahmi ke sebuah unit produksi industri kecil menengah atau IKM di Kota Palangka Raya, Rabu 28 Juni 2023.

Kedatangan Dreiy disambut hangat dan antusias oleh Ketua Forum Usaha Mikro Kecil Menengah Kalimantan Tengah atau UMKM Kalteng, Winhard Oboy Djahan dan sebagai wujud apresiasinya atas kunjungan pimpinan KOPPAD BORNEO Kalteng itu, Winhard langsung menyerahkan serta memasangkan gelang Lilis Lamiang khas Dayak kepada mitra yang juga sebagai sesama unsur pengurus BAKORMAD Nasional MADN.

Menurut pria yang akrap disapa Dreiy ini, IKM sejalan dengan salah satu visi misi organisasi yang di pimpinnya dalam pemberdayaan masyarakat adat Dayak diantaranya bidang pelestarian dan pengembangan seni budaya serta Pariwisata kedatangannya tersebut untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pembinaan dan pengembangan khususnya di bidang pemasaran produk.

Lebih lanjut dijelaskannya, penjajakan tersebut mengingat personil KOPPAD BORNEO Kalteng juga punya potensi bidang dimaksud serta jejaring pangsa pasar cukup luas. Oleh karenya dia berharap, dari hasil kerjasama pemasaran ini jika nantinya berjalan sesuai rencana, akan menjadi hubungan saling menguntungkan, baik bagi UMKM sendiri maupun bagi kelangsungan pelestarian dan pengembangan seni budaya serta sangat mendukung penguatan dunia kepariwisataan.

“Bagi pihak UMKM terbantu dalam hal pemasaran untuk kelangsungan produksinya.Sedangkan bagi kita KOPPAD BORNEO Kalteng sendiri akan terbantu dalam hal pemberdayaan sumber daya manusia sekaligus penghasilan yang cukup menjanjikan dan bahkan diharapkan juga potensial bagi pendapatan asli organisasi nantinya,” jelas Dreiy.

Sementara itu, Winhard Oboy Djahan mengatakan bahwa dirinya berharap kepedulian seperti dari KOPPAD BORNEO ini bisa diikuti pihak lainnya baik pemerintah, swasta maupun masyarakat, demi kelangsungan pelestarian seni budaya dan warisan tradisi leluhur bangsa.

“Seni budaya dan warisan tradisi leluhur harus kita pertahankan kelestariannya , sebagai jati diri bangsa Dayak khususnya dan bangsa Indonesia secara umum. Kita harapkan nantinya aksesoris kalung dan gelang khas Dayak ini juga akan menjadi aksesoris wajib, bukan hanya bagi anggota lembaga-lembaga adat budaya tetapi juga instansi atau lembaga pemerintah..” Ujar Winhard Oboy..

penulis: cnb
editor : alfrid u gara