Program Peremajaan Sawit di Lahan Gambut di Perbolehkan

MUKOMUKO,CanalBerita Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M Rizon, kebun kelapa sawit di lahan gambut di daerah Mukomuko tidak membutuhkan verifikasi, selanjutnya kebun sawit di lahan gambut bisa mendapatkan program peremajaan sawit.

Padahal sebelumnya, pemerintah pusat sebelumnya menolak program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat petani di daerah ini.

Terkait dengan penolakan usulan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat petani, M Rizon mengatakan, petani bisa mengusulkan kembali program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut tersebut.

“Bagi lahan gambut yang awalnya tidak diakomodir dalam program peremajaan tanaman kelapa sawit, silahkan diusulkan kembali,” ujarnya seperti dilansir dari Antara, Minggu (7/5/2023).

Kendati demikian, katanya, pemerintah akan melakukan pengambilan foto udara menggunakan drone untuk memastikan ada atau tidak tanaman kelapa sawit lahan yang diusulkan mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit.

Lebih lanjut tutur M Rizon, setidaknya ada sebanyak delapan kelompok tani di daerah ini mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan seluas sekitar 2.541 hektare.

Dari sebanyak delapan kelompok tani, empat kelompok tani yakni KRP Masad Jaya I di Desa Lubuk Talang, KRP Tanera Sejahtera Desa Bunga Tanjung, KRP Mukomuko Kelurahan Pasar Mukomuko, dan KRP Tunas Harapan Desa Manjuto Jaya,  dalam tahap verifikasi lahan oleh kehutanan dan pengambilan foto udara menggunakan drone, seluas sekitar 777 hektare.

Kemudian empat kelompok lainnya baru menyampaikan usulan, yakni KRP Maju Bersama Desa Air Merah, KRP Sungai Barau Desa Lubuk Bangko, KRP Bukit Barisan Desa Gajah Makmur, dan Palang Kenidai Desa Bunga Tanjung, seluas 1.764 hektare.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, 
foto, grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.