3 Kejutan di Deadline Day Transfer Januari 2023

JAKARTA,CanalBerita–Sejumlah transaksi menjadi kejutan pada deadline day bursa transfer Januari. Berikut tiga kejutan pada deadline day transfer Januari.

Bursa transfer Januari kerap menjadi solusi dalam membantu klub memperkuat skuad mereka dalam menjalani satu musim kompetisi.

Pemain yang cedera atau kebutuhan dalam menjaga kedalaman skuad menjadi beberapa alasan klub beraktivitas pada bursa transfer tengah musim ini.

Seperti pada umumnya dalam bursa transfer, sejumlah transaksi atau perpindahan pemain terlihat tidak terduga sehingga menjadi kejutan.

Hal itu juga yang terjadi pada deadline transfer Januari kali ini. Berikut tiga kejutan pada deadline day transfer Januari:

1. Jorginho

Jorginho jauh dari rumor transfer pada Januari ini. Namun beberapa hari sebelum jendela transfer tutup, nama Jorginho muncul sebagai alternatif Arsenal.

Kegagalan The Gunners mendapatkan Moises Caicedo dari Brighton and Hove Albion membuat Mikel Arteta mengalihkan pilihan ke sosok lain, hingga muncul nama Jorginho. Di Arsenal Jorginho dikontrak hingga Juni 2024 mendatang.

Kehadiran Jorginho jelas akan menambah kedalaman tim besutan Mikel Arteta. Pengalaman pemain timnas Italia itu juga akan berguna buat Arsenal yang sedang berada di pacuan juara.

Jorginho juga tentu datang bukan untuk menjadi pemain cadangan. Kehadirannya membuat Granit Xhaka dan Thomas Partey harus bisa tampil bagus di setiap pertandingan jika tidak ingin tergusur ke bangku cadangan.

2. Marcel Sabitzer

Marcel Sabitzer adalah kejutan lain pada deadline day transfer Januari. Gelandang Bayern Munchen tersebut jadi pilihan Manchester United sebagai pengganti Christian Eriksen yang harus absen hingga April atau awal Mei.

Sabitzer gabung MU dengan status pinjaman hingga akhir musim. Sejumlah sumber menyebut klausul transfer itu memuat opsi pembelian permanen pada akhir musim dengan biaya 35 juta euro.

Dari segi karakteristik bermain, Sabitzer memang jelas berbeda dengan Eriksen. Gelandang asal Denmark itu terkenal flamboyan sedangkan Sabitzer lebih enerjik.

Namun begitu Sabitzer tidak akan otomatis dapat garansi masuk tim inti. Mantan pemain RB Leipzig itu masih harus bersaing dengan Fred dan Scott McTominay untuk mendampingi Casemiro di lini tengah The Red Devils.

3. Keylor Navas

Tidak banyak kesempatan bermain di PSG membuat Keylor Navas sepakat dengan tawaran Nottingham Forest. Pada saat bersamaan, Forest kehilangan kiper utama Dean Henderson karena cedera.

Navas menerima tawaran klub Premier League itu satu hari sebelum batas transfer. Kiper asal Kosta Rika itu bergabung dengan Forest sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim.

Kehadiran Navas jelas akan menambah kualitas di pertahanan tim promosi tersebut. Pengalamannya bakal banyak membantu Forest dalam upaya bisa tetap bertahan di Liga Inggris musim ini.

Kesempatan ini juga tidak akan disia-siakan oleh Navas. Momen ini bisa menjadi pembuktian buatnya yang terpinggirkan sejak kedatangan pelatih Christophe Galtier.

Sumber:cnnindonesia.com