Hadiri Rakornas Kemendagri, Ini yang Dilakukan Perdie M Yoseph untuk Kabupaten Murung Raya

PALANGKA RAYA,CanalBerita –Kemetrian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC), Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa, 17 Januari 2023.

Rakornas tahun 2023 mengusung tema; Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Salah satu pimpinan daerah yang hadir yakni Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph.

Bupati dua periode ini mengatakan, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2023 ini  diprediksi masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global yang akan berdampak hingga ke daerah.

“Yang di sampaikan tadi menjadi warning bagi kita semua,  khususnya di daerah. Arahan Presiden Jokowi jelas dan tegas, tahun 2023 harus menjadi fokus perhatian bersama khususnya pemulihan Ekonomi,” jelas Perdie, kepada awak media, Rabu 18 Januari 2023.

Lebih lanjut Perdie mengatakan, untuk tahun 2023 ini  harus ada upaya yang luar biasa menghadapi kondisi yang luar biasa itu. Misal membangun sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru, pemberdayaan UMKM, dan ketahanan pangan harus stabil.

“Itu peran dan tugas bersama. Saya bersama Perintah Daerah akan mempersiapkan sebelum prediksi itu terjadi,” tukasnya.

Presiden Jokowi dalam arahannya pada pembukaan Rakornas  menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Presiden.

Presiden mencontohkan, tingkat vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 448 juta dosis suntikan. Presiden mengakui, penyuntikan 448 juta dosis vaksin tersebut bukan pekerjaan yang mudah, namun hal tersebut dapat dilakukan berkat dukungan berbagai elemen bangsa.

Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia  mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kata Presiden, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya.

Penulis: Jumarta Wijaya Jangkang
Editor : Alfrid U. Gara