Corenlis NA Panglima BAKORMAD Nasional Lantik Ketua DPRD Kaltara sebagai Panglima Wilayah BAKORMAD Kaltara

TANJUNG SELOR,CanalBerita--Pengurus Badan Komando Lakar Masyarakat Adat Dayak Wilayah Provinsi Kalimantan Utara atau BAKORMAD Wilayah Kaltara masa bakti tahun 2023-2028 resmi dilantik oleh BAKORMAD Nasional. Pelantikan di pimpin langsung oleh Panglima BAKORMAD Nasional Cornelis Nalau Anton yang bertempat di Skretariat DAD Provinsi Kaltara, pada Jumat 27 Januari 2023.

Sedikitnya 27 pengurus wilayah dan dewan pembina yang dilantik. Untuk Pengurus Wilayah diantaranya; Albertus Stefanus Marianus di dapuk sebagai Panglima Wilayah, DT. Iman Suramenggala sebagai Sekretaris Umum Wilayah, Jemmi Elbar sebagai Bendahara Umum dan Matius Anyan sebagai Kepala Pasukan Wilayah.

Sedangkan duduk sebagai Dewan Pembina Wilayah, Jhonny Laing Impang sebagaia Ketua Dewan Pembina Wilayah, Syarwani sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Wilayah dan Yan Ngau sebagai Sekretaris Dewan Pembina Wilayah.

Panglima BAKORMAD Nasional Cornelis Nalau Anton dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh Pasukan BAKORMAD dimanapun berada, tentang tugas dan tanggungjawab sebagai Pasukan yang pertama adalah; menjalankan dan melaksanakan Keputusan-Keputusan Munas V MADN, Keputusan-keputusan Rakernas MADN dan Peraturan-peraturan MADN.

Kedua, bertugas mengawal kebijakan Majelis Adat Dayak Nasional atau MADN dan mengawal perjuangan Masyarakat Adat Dayak dalam mempertahankan Harkat, Martabat dan Keberadaan Masyarakat Adat Dayak.

Selanjutnya tugas yang ketiga yaitu, melakukan pengawalan terhadap Pimpinan MADN, Pimpinan BAKORMAD Nasional dalam berbagai Kegiatan baik internal mupun eksternal. Keempat, memastikan keamanan setiap Kegiatan atau even-even yang dilaksanakan oleh MADN dan BAKORMAD Nasional.

Kelima, melaksanakan tugas yang diberikan MADN dan BAKORMAD Nasional dalam mempersatukan seluruh Masyarakat Adat Dayak menjadi sebuah kekuatan yang mampu mendorong dan membantu Pemerintah dalam pembangunan bangsa dan Negara,khususnya dalam menciptakan keamanan.

Berikutnya yang keenam, tugas BAKORMAD adalah melaksanakan tugas yang diberikan MADN dan BAKORMAD Nasional dalam mengatasi, meredam dan mencegah berbagai macam konflik sosial budaya, ekonomi dan lingkungan menurut kaidah- kaidah Hukum Adat dan Kearifan Lokal, serta mengawal putusan dan pelaksanaan Hukum Adat oleh lembaga-lembaga peradilan adat sesuai tingkatan secara patut, wajar dan berkeadilan.

BENDERA BAKORMAD: Panglima BAKORMAD Nasional Cornelis Nalau Anton menyerahkan Bendera Kebesaran BAKORMAD kepada Panglima BAKORMAD Wilayah Kaltara Albertus Stefanus Marianus, ST pada saat Pelantikan Pengurus BAKORMAD Wilayah Kaltara, Jumat 27 Januari 2023. ( Foto: Dok BAKORMAD Nasional)

 

“Terima kasih kepada warga Dayak Kaltara yang mau hadir bersama di BAKORMAD ini adalah bentuk kecintaan besar akan adat budaya Dayak untuk dilestarikan dan dikembangkan bersama,” Cornelis Nalau Anton.

Sementara itu, Albertus Stefanus Marinus sebagai Panglima BAKORMAD Wilayah Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari masyarakat adat Dayak yang menjadikan dirinya sebagai pemimpin Pasukan BAKORMAD Wilayah Kaltara.

“Mohon bantuan arahan serta bimbingan agar BAKORMAD ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adat Dayak juga masyarakat umum,” ungkap Albertus Stefanus Marinus yang juga Ketua DPRD Provinsi Kaltara ini.

 

Penulis: RedCNB
Editor : Alfrid U. Gara