Jangan Anggap Remeh! Simak 6 Manfaat Kesehatan dari Jalan Kaki

JAKARTA,CanalBerita-Berbicara mengenai olahraga, mungkin yang ada di benak kebanyakan orang meliputi berenang, gym, yoga, dan lain sebagainya.

Nyatanya, ada kebiasaan yang sering kita lakukan, bisa disebut dengan salah satu olahraga termudah, yakni berjalan kaki.

Berjalan selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kesehatan lebih dari yang kamu duga.

Melansir dari Realsimple, Jumat (23/12/2022), jalan kaki bukan hanya semata-mata bentuk latihan kardiovaskular yang fantastis dan berdampak rendah.

Tetapi, jalan kaki juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional kamu secara signifikan dan membantu setiap sasaran kesehatan mulai dari stres hingga tidur.

“Tidak banyak orang mengenali jalan kaki sebagai olahraga yang sebenarnya. Mungkin terlalu mudah, terlalu umum, terlalu menyenangkan, atau terlalu santai untuk dianggap sebagai bentuk olahraga yang serius,” kata seorang dokter spesialis nutrisi Michael Lam.

Pada kenyataannya, hal terbaik tentang aktivitas yang menyenangkan ini adalah salah satu olahraga termudah yang dapat kamu lakukan secara konsisten.

Namun, tantangannya adalah menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari rutinitas harian.

“Banyak pelatih kesehatan, dokter, dan pelatih kebugaran yang akan memberi tahu Anda bahwa bentuk latihan terbaik adalah yang benar-benar Anda pertahankan,” tambahnya.

Beberapa trik sederhananya dengan mengubah perilaku yang biasa kita lakukan, misalnya menggunakan tangga alih-alih lift atau parkir lebih jauh dari gedung kantor agar ada waktu buat jalan kaki.

Semakin kita melakukan sesuatu secara teratur, semakin besar kemungkinan kita untuk mempertahankannya. Intinya, pengulangan adalah kunci dalam hal pengembangan perilaku sehari-hari.

Sumber: Liputan6.com