Stok Minyak Sawit Malaysia Diprediksi Melimpah, Bakal Pengaruhi Harga

KUALA LUMPUR, Canal Berita — Persediaan minyak sawit di Malaysia kemungkinan bakal naik ke level tertingginya dalam tiga tahun terakkhir menyusul adanya kenaikan produksi di negeri Jiran yang melampaui permintaan ekspor.

Stok melonjak sekitar 8% pada September dari bulan sebelumnya menjadi 2,26 juta ton, menurut survei Bloomberg terhadap 10 analis, pedagang dan eksekutif perkebunan. Itu akan menjadi kenaikan bulanan keempat berturut-turut, serta mengangkat stok minyak sawit ke level tertinggi sejak Oktober 2019.

Dilansir Bloomberg, peningkatan persediaan dan percepatan produksi telah membayangi pengiriman yang kuat dari Malaysia, mendorong penurunan harga tiga bulanan terburuk sejak 2008 dan memberikan beberapa bantuan untuk inflasi pangan dunia. Kekhawatiran yang meningkat bahwa resesi global akan mengekang permintaan minyak nabati juga menekan masa depan, bahkan ketika ringgit yang lemah membuat minyak lebih menarik bagi pembeli yang sensitif terhadap harga.

Produksi Malaysia naik sekitar 2,3% pada September ke level tertinggi dua tahun 1,77 juta ton, survei menunjukkan, melambat dari kenaikan 10% pada Agustus. Ekspor terlihat melonjak 7,7% menjadi 1,40 juta ton, terkuat sejak Desember.

Minyak sawit akan tetap bergejolak, kata Sathia Varqa, salah satu pendiri Palm Oil Analytics berasal dari Singapura. “Meningkatnya pasokan dan hambatan makro ditumpuk terhadap kondisi ekspor yang menguntungkan dari penawaran tunai rendah, diskon besar-besaran kelapa sawit untuk minyak nabati saingan, ringgit yang lemah dan penurunan tarif pengiriman,” katanya.

Harga diprediksi masih akan berfluktuasi antara RM 3.300 (US$ 710) hingga RM 3.700 per ton di bulan Oktober 2022. Kontrak berjangka untuk pengiriman Desember 2022 diperdagangkan pada RM 3.750 ton pada Rabu (5/10/2022).

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.