Kepala BPBD: Waspadai Karhutla di Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA,canalberita.com-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geifisika atau BMKG memperkirakan, awal musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan September hingga November 2022 mendatang dengan puncak musim penghujan diperkarakan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Namun demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani berharap semua pihak peduli dan waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di wilayah itu. Pasalnya, baru-baru ini telah terjadi di Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya kebakaran lahan seluas 11 hektare.

“Panas terik yang terjadi belakangan ini cukup mengkhawatirkan, karena beberapa lokasi yang terbakar di prediksi karena gambut yang kering dan tersengat matahari,” ungakpnya,  Rabu, 28/9/2022.

Untuk mengantisipasi  terjadi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla,  Emi Abriyani meminta kepada setiap satuan tugas (Satgas) penanganan Karhutla di harapkan bisa terus siaga dan melakukan patroli di wilayah-wilayah rawan kebakaran.

“Kepada temen-teman dari TSAK yang ada di Wilayah Kota Palangka Raya khususnya, bisa melakukan pemantauan dan kesiap Siagaan menghadapi terjadinya karhutla,” pintanya.

(RedCNB)