Dari Lidi Sawit Pedapatan Masyarakat Dua Desa Di Sergai Bertambah

SEI RAMPAH, Canal Berita — Pendapatan masyarakat di dua desa di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tak hanya dari berkebun sawit saja. Mereka memperoleh tambahan pendapatan dengan mengolah pelepah sawit dari perkebunan PTPN III unit  Kebun Tanah Raja, untuk diolah menjadi lidi sawit.

Dari informasi yang diperoleh InfoSAWIT, Jumat (23/9/2022), masyarakat yang tinggal di Dusun V Sidodadi, Desa Pematang Setrak, dan masyarakat di Desa Tanah Raja (keduanya terletak di Kecamatan Teluk Mengkudu -red) diperbolehkan mengelola limbah sawit itu untuk menjadi lidi sawit dan kemudian dijual.

Mus (48), salah satu ibu rumah tangga dan warga sekitar perkebunan PTPN III tersebut mengaku, selama ini bersama warga sekitar selalu mencari pelepah sawit hasil proses panen buah sawit. Mus biasanya berangkat ke kebun milik PTPN III siang hari seusai cucunya pulang sekolah.

Lalu saat memasuki senja barulah kembali ke rumah masing-masing dengan membawa satu ikat besar daun sawit yang belum dipisahkan lidi nya.  “Malam hari barulah kami bersihkan daun dari batang lidi sambil menonton teve. Setelah itu keesokan harinya batang lidi yang telah kami bersihkan dijemur hingga kering,” kata dia.

Yang membuat ia dan warga sekitar kebun PTPN III bahagia adalah ketika lidi yang dijemur belum benar-benar kering, namun sudah datang pihak pengepul untuk membeli sapu lidi sawit yang diproduksi oleh warga.

Ia mengaku dari hasil penjualan lidi sawit tersebut bisa membantu menopang perekonomian masyarakat. Hal ini dibuktikan dari hasil kegigihan ia dan masyarakat lainnya mencari sapu lidi sawit yang terbukti bisa membeli keperluan rumah tangga.

Ia menjual sapu tersebut kepada para agen yang datang ke rumah-rumah warga yang mencari sapu. Kata dia, satu ikat atau per kilogram sapu lidi sawit dihargai Rp 2.500, sesuai dengan besar ikatannya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.