Pembelian CPO dari China, Kemendag Jamin Tak Ganggu Stok Bahan Baku Migor Sawit

JAKARTA,canalberita.com Diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, pembelian minyak sawit mentah (CPO) dari China tidak akan mengganggu stok bahan baku minyak goreng sawit di dalam negeri, sehingga kebutuhan minyak goreng tidak akan terganggu. Dengan stok yang melimpah, harga minyak goreng juga akan tetap stabil sesuai HET Rp14.000/liter.

“Saya menjamin bahwa harga minyak goreng tidak akan naik dan akan tetap stabil. Saat ini stok bahan baku minyak goreng sangat melimpah. Tangki-tangki CPO di dalam negeri masih penuh,” jelasnya, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (28/7/2022), di Jakarta.

Lebih lanjut tutur Mendag Zulkifli Hasan, skema Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) masih tetap dipertahankan untuk menjamin suplai bahan baku minyak goreng ini tetap stabil. Stabilitas stok bahan baku ini bertujuan menjaga harga minyak goreng curah dan kemasan premium di dalam negeri tetap terjangkau dan tetap stabil.

“Skema DMO dan DPO akan kami longgarkan setelah semua produsen minyak goreng dan industri CPO berkomitmen menjamin bahan baku minyak goreng tetap ada secara kontinu,” tegas Zulhas.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, 
grafis,  video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.