Tanggapan Dinsos Terkait Maraknya Gepeng di Sampit

SAMPIT, Canal Berita — Terkait mulai maraknya gelandangan pengemis (gepeng) dan anak jalanan (anjal) di Kota Sampit, Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur, menanggapi akan secepatnya melakukan tindakan.

Saya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, kita ingin mereka mau berhenti dan mencari nafkah yang benar, tidak menggangu ketertiban di jalan,” kata Kepala Dinsos Kotim Wiyono, Jumat 22 Juli 2022.

Menurutnya, sejauh ini Dinsos sudah sering melakukan pembinaan kepada gepeng di bawah umur yang mangkal di lampu merah, namun mereka tetap turun lagi karena belum ada tindak lebih lanjut dari penangkapan beberapa waktu lalu.

Selain melakukan tindakan, kami juga akan memasang imbauan untuk yang memberi sumbangan agar menyalurkan ke tempat yang resmi,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kotim Marjuki, melalui Kabid Bidang Penegakan Perundang – Undangan Daerah Satpol PP Kotim Sugeng Riyanto mengatakan, permasalahan ini akan kembali dirapatkan pihaknya kepada Dinsos agar nantinya menyiapkan cara penanganannya.

Keliatannya memang ada yang memantau dari kejauhan, liat saja nanti, kita akan beri sanksi lebih berat,” tutupnya. (BS/CNB)