Moeldoko: Jangan Latah Sawit Ada Masalah, Bikin Badan Sawit Indonesia

JAKARTA,canalberita.comLantaran sektor sawit saat ini dihadapkan pada kondisi sulit utamanya petani sawit swadaya lantaran harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit tak kunjung membaik, ada usulan guna membuat Badan Sawit Indonesia.

Diungkapkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, pembentukan organisasi tersebut belum bersifat urgent. Kata dia itu hanya usulan dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apksindo), dan Indonesia telah memiliki Badan Pangan Nasional

“Jadi jangan kita latah sawit ada masalah, bikin badan sawit,” ujar Moeldoko di Bina Graha, Jakarta, Senin (25/7/2022) seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut tutur Moeldoko, bila ada usulan lembaga baru sebenarnya bisa menginduk ke Badan Pangan Nasional.

Sebelumnya, Apkasindo menyebutkan ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Salah satunya Apkasindo menekankan perlu membentuk Badan Sawit Indonesia (BADASI) yang langsung di bawah presiden. Badan ini akan bertugas mengatur semua hal terkait sawit termasuk kondisi hulu hingga hilir.

Apkasindo berpandangan, nantinya perusahaan kelapa sawit juga diwajibkan untuk terdaftar sebagai anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), begitu juga dengan petani sawit melalui asosiasi yang dimonitor langsung oleh pemerintah.

Sumber: infosawit.com