Luhut Meminta Pemerintah Daerah Dukung Audit Sawit

JAKARTA, canalberita.com– Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan,  industri kelapa sawit di Indonesia merupakan salah satu industri strategis karena lebih dari 16,4 juta orang hidup dan bekerja dalam industri ini, serta merupakan penghasil ekspor terbesar.

Lantas sebagai bagian dari peningkatan tata kelola industri sawit, Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk dilakukan audit terhadap tata kelola yang berjalan dan perbaikan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu kata Luhut, dirinya meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat bekerjasama dengan BPKP untuk menyukseskan jalannya audit ini. “Terutama dalam hal penyediaan data dan informasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan audit,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit Indonesia (AKPSI), Yulhaidir menyatakan, dukungannya terhadap pemerintah untuk melakukan audit tata kelola industri sawit.

“Kami mendukung apa yang akan dilakukan BPKP untuk mengaudit dengan tentunya berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten,” ucapnya.

Diketahui, dalam Rapat Koordinasi Audit Perkebunan Sawit se-Indonesia Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit (AKPSI) juga diserahkan data yang diperlukan untuk memperlancar audit tata kelola industri sawit.

Sumber: infosawit.com