Kaltim Targetkan Peremajaan Sawit 2.240 Ha di Dua kabupaten

SAMARINDA,canalberita.com Dalam sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit, pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk tahun 2022 ini akan meremajakan pohon kelapa sawit milik perkebunan rakyat dengan total lahan seluas 2.240 hektare (ha) meliputi dua kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

Diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad, target peremajaan sawit rakyat seluas  2.240 ha, terdiri 2.000 ha di Kabupaten Paser dan 240 ha di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lebih lanjut tutur Ujang Rachmad, tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan informasi kepada pekebun mengenai peremajaan kelapa sawit, sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 3 tahun 2022 tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan, Peremajaan, serta Sarana Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit.

Lantas guna memberikan informasi berupa mekanisme penyaluran bantuan peremajaan kelapa sawit, persyaratan yang diperlukan, kelembagaan, dan pendampingan bagi penerima manfaat peremajaan pohon kelapa sawit yang memperoleh dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh peserta yang berasal dari dua kabupaten pengusul, yakni Kutai Kartanegara dan Paser, dari Tim Peremajaan Kelapa Sawit kabupaten pengusul, dan dari empat kabupaten/kota non-pengusul, yakni Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, dan Kota Samarinda.

“Dari sosialisasi ini kami berharap empat kabupaten non-pengusul mendapat informasi terkait kegiatan peremajaan kelapa sawit, sehingga mereka akan bisa mendapat manfaat yang sama di tahun berikutnya,” kata Ujang dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Disbun Kaltim,

Tutue Ujang, peremajaan biasanya dilakukan karena umur kelapa sawit milik rakyat sudah tua sehingga tidak produktif lagi. “Melalui peremajaan tahun ini, maka ke depan pekebun sawit rakyat bisa memperoleh panen tandan buah segar yang melimpah untuk kesejahteraan pekebun,” tandas dia.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canalberita.com dengan infosawit.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis,  
video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab infosawit.com.