Jerman Anggap Perlihatkan Simbol Z sebagai Tindakan Kriminal

canalberita.com — Orang-orang yang menampilkan huruf “Z” di Jerman untuk melambangkan dukungan bagi invasi Rusia ke Ukraina dapat dikenai tuntutan kriminal. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (28/3/2022), pernyataan itu disampaikan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Jerman.

Menteri dalam negeri negara bagian Berlin sebelumnya mengatakan bahwa otoritas kota akan menggunakan kasus simbol Z yang digunakan untuk mendukung agresi Rusia. Pernyataan itu menyusul pengumuman Bavaria dan Lower Saxony bahwa mereka juga akan menghukum tindakan tersebut.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri pemerintah federal mengatakan kepada wartawan: “Huruf Z seperti itu tentu saja tidak dilarang, tetapi penggunaannya mungkin dalam kasus-kasus individu merupakan dukungan dari perang agresi Rusia.”

Huruf Z telah digunakan sebagai tanda pada kendaraan militer Rusia yang mengambil bagian dalam konflik dan telah diadopsi oleh Rusia yang mendukung perang, dengan menonjol pada bendera dan demonstrasi pro-Kremlin.

Kementerian Dalam Negeri pada konferensi pers reguler pemerintah menyatakan perang agresi Rusia di Ukraina adalah tindakan kriminal, dan siapa pun yang secara terbuka menyetujui perang agresi ini juga dapat membuat dirinya dapat dituntut.

“Otoritas keamanan federal mengawasi ini, dan dalam hal ini kami menyambut baik pengumuman bahwa beberapa negara bagian federal juga akan memeriksa dalam kasus-kasus individu apakah ini bisa menjadi tindakan kriminal dan mengambil tindakan yang sesuai,” katanya.

 

berita satu