Jembatan Bajarau Parenggean Putus, Truk Pembawa Pupuk Terjebak

CANALBERITA.COM – Jembatan Bajarau di Desa Bajarau, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), putus. Truk bermuatan pupuk tergantung di atas jembatan tersebut.

Informasi dihimpun Berita Sampit. Kejadian itu Senin, 21 Maret 2022 saat sebuah truk bermuatan pupuk dari arah Sampit menuju ibu kota Parenggean melintas di atas jembatan Bajarau.

Mungkin lantaran muatan melebihi tonase, tiba-tiba tanah uruk yang berada di pembatas jembatan ambruk dan ban truk belakang itupun tergantung. Dampaknya, arus lalu lintas macet.

Tahapan Pilkada 2024

Iya, tanah yang ada di pembatas jembatan itu longsor mungkin tergerus air. Ketika truk bermuatan pupuk lewat di atas jembatan, tanah itupun longsor,” ujar Kepala Desa Bajarau Sukardi via WhatsApp, Selasa 22 Maret 2022, malam.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui persis kronologi sialnya truk bermuatan pupuk itu bisa tergantung di atas jembatan penghubung antara Desa Bajarau ke ibu kota Kecamatan Parenggean.

Itupun, lanjutnya, berkat adanya laporan dari pengguna jalan bahwa jembatan Bajarau tidak bisa dilewati kendaraan roda 2 dan roda 4 dikarenakan adanya truk tergantung.

Kami sudah berusaha memperbaiki dengan cara menimbun jalan menggunakan tanah uruk. Penimbunan jalan ini kami bekerjasama dengan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasional di wilayah Desa Bajarau,” kata Sukardi. (BS/CNB)